Jenis dan Fungsi Tata Lampu dalam Desain Interior

, sarae.id

Penataan lampu yang baik dapat mengubah ruangan yang membosankan menjadi tempat yang akrab dan bersuasana hangat. Pada umumnya, kamar atau ruangan interior lainnya didalam ruang hanya diberi cahaya dari satu sumber lampu di langit-langit. Ini bukan tata lampu yang baik, karena lampu yang dipasang di langit-langit, menghasilkan cahaya yang tidak terarah dan sama sekali tidak membangun suasana. Beberapa jenis lampu di beberapa posisi interior penting untuk menguatkan arsitektur ruangan.

, sarae.id
source: bestgoodieshop

Beberapa fungsi tata lampu dalam desain interior:

  • Menonjolkan dan Menutupi kelebihan dan kekurangan suatu ruangan
  • Menentukan warna dan bentuk ruang
  • Meningkatkan ukuran ruangan
  • Membantu menciptakan suasana latar belakang

Penataan artinya menempatkan beberapa jenis lampu menjadi sebuah pengaturan yang saling melengkapi. Penataan lampu haruslah berfungsi baik secara praktikal maupun estetika. Kenalilah dahulu fungsi masing-masing ruang dan juga mempertimbangkan bukaan jendela dan bagaimana arah matahari masuk ke dalam interior juga bayangan yang dibentuknya. Setelah itu, mari kita kenali lebih lanjut beberapa jenis tata lampu

Tata Lampu Latar Belakang

, sarae.id
source: raypom-com

Tata lampu latar belakang adalah penataan yang umum digunakan sebagai sistem penacahayaan rumah tinggal. Tata lampu ini terdiri dari cahaya yang menyapu seluruh latar belakang ruangan yang biasanya dihasilkan oleh lampu yang diletakan di tengah atau jauh di atas kepala. Untuk pencahayaan latar belakang kombinasikan lampu gantung ditengah ruangan untuk memberi pencahayaan umum dengan uplighter atau lampu yang mengarah keatas untuk menerangi plafon. Tambahan wall-washer untuk menerangi dinding dan berfungsi sebagai pemantul. Lampu-lampu neon juga bisa dipasang dengan posisi disembunyikan misalnya pada drop ceiling untuk memberikan suasana yang umum.

Tata Lampu Aksentuasi

Tata lampu aksentuasi memberi fokus khusus pada suatu obyek atau detail tertentu dalam ruangan. Lampu aksen juga dapat berfungsi sebagai dekorasi atau untuk menonjolkan warna-warna lukisan atau benda tertentu misalnya sculpture ataupun piano vintage yang dipajang dalam ruangan. Tata lampu aksentuasi dapat diarahkan hanya ke satu titik fokus, atau hanya untuk memberi spuan cahaya pada dinding berwarna.

, sarae.id
source: delightfull.eu

Jika lampu latar belakang memberi cahaya yang datar, lampu aksen memunculkan karakter dan daya tarik pada desain. Beberapa jenis lampu aksen misalnya, lampu sorot halogen bervoltase rendah, lampu meja, lampus sorot meja dan lampu sorot lukisan. Lampu-lampu aksenstuasi biasanya diletakkan didalam ruang keluarga, ruang makan dan ruang lain dengan kelebihan arsitektural / interior yang ingin ditonjolkan.

Tata Lampu Tugas

Berbeda dengan dua tipe tata lampu diatas, tata lampu tugas selayaknya namanya, sangat praktikal dan memiliki fungsi sebagai support kegiatan. Tata lampu tugas adalah sumber cahaya yang diarahkan untuk aktivitas tertentu, saperti membaca, bekerja atau memasak, yang memerlukan cahaya terkonsentrasi. Cocok untuk meja belajar atau dibawah perabotan dapur untuk menerangi area kerja. Posisi lampu harus ditentukan dengan hati-hati supaya tidak menciptakan bayangan.

, sarae.id
source: paintedbykaylapayne

Beberapa jenis tata lampu tugas adalah lampu meja, lampu tempel, lampu anglepoise, lampu meja yang dapat diarahkan juga lampu neon kecil dan lampu tungsten-halogen (TL/Tube Light) daya rendah. Lampu tugas biasanya diletakan di ruang kerja, dapur, kamar mandi (untuk berdandan, dan lainnya) juga di dalam walking closet.

Tata Lampu Informasi

Penataan lampu informasi adalah penamaan yang digunakan bagi lampu  yang dirancang untuk keamanan dan kenyamanan. Salah satu contoh lampu informasu misalnya lampu pada anak tangga yang digunakan sebagai petunjuk melangkah agar tidak tersandung pada malam hari atau saat suasana gelap.

, sarae.id
source: archdaily.com

Lampu pada teras didepan rumah atau pintu depan yang membantuk kita melihat lubang kunci atau gembok rumah juga adalah salah satu contoh lampu informasi. Lampu taman dan pintu garasi juga adalah contoh lampu informasi. Biasanya lampu informasi menggunakan lampu sorot, lampu yang anti air atau bisa dipakai di outdoor dan juga uplighter di sudut. Keamanan adalah faktor pertimbangan utama saat memilih lampu untuk tangga. DIsarankan untuk tidak memilih lampu yang terlalu tajam.

, sarae.id
source: homify.it

Beberapa Tipe Lampu

Setelah memahami beberapa tipe tatanan lampu, anda pun perlu memahami beberapa tipe lampu yang populer digunakan untuk membuat tatanan yang diinginkan tadi. Tipe lampu dibagi menjadi 4 jenis besar, yaitu Fluorescent, Incandescent, Outdoor solar dan Light-emitting diode (LED). Mungkin anda sudah cukup familier dengan lampu LED karena merupakan primadona lampu residensial dengan karakter hemat energi yang sering digaungkan oleh produsen lampu LED. Berdasarkan fixture nya, lampu dibagi lagi menjadi beberapa tipe seperti lampu langit-langit, lampu gantung, lampu meja, lampu sorot, dan lampu cove.

Lampu Langit – Langit

, sarae.id
source: bestgoodieshop

Lampu yang seperti namanya dipasang pada plafon sebuah ruangan. Model fixture dari tipe lampu ini juga ada beberapa macam, dari yang terpasang rata plafon ataupun menonjol sampai ke khusus plafon gympsum ataupun plafon beton. Lampu langit – langit digunakan biasanya sebagai lampu general atau lampu latar belakang.

Lampu Gantung (Pendant Lamp)

, sarae.id
source: ladyyard.com

Lampu gantung juga adalah tipe lampu penerangan latar belakang, namun di era modern dimana berbagai model kreatif lampu gantung muncul, pendant lamp juga dimanfaatkan sebagai lampu dekorasi yang melengkapi interior sebuah ruangan baik secara tema bentuk ataupun warna.

Lampu Meja

, sarae.id
source: urbanoutfitters.com

Lampu yang dirancang untuk diletakan diatas meja ini, biasanya memiliki badan lampu yang pendek kurang lebih 30 – 50cm. Lampu meja dapat dibagi lagi menjadi 2 tipe berdasarkan fungsinya, yaitu, lampu tidur dan lampu bekerja. Untuk lampu meja kerja, idealnya memilih bohlam yang berwarna warm white atau cool light (kebiruan) yang dapat meningkatkan fokus mata kita.

Lampu Sorot

, sarae.id
source: lighting-direct-co-uk

Lampu sorot dapat berperan sebagai lampu aksen ataupun lampu informasi. Lampur sorot ada yang single ataupun berkelompok yang biasanya dipasang pada sebuah track besi. Lampu sorot berfungsi untuk menonjolkan bagian tertentu di dalam interior.

Lampu Cove

, sarae.id
source: waldstudio

Lampu cove adalah lampu yang biasanya diletakan tersembunyi dibalik plafon yang diturunkan atau dibawah kabinet / meja island dapur. Lampu cove berfungsi sebagai peneranan garis atau sisi tertentu. Lampu ini bersifat pendaran cahaya tanpa memfokuskan ke satu titik tertentu sebagai pencipta suasana. Lampu cove biasanya menggunakan LED strip atau Tube Light.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis