Ini Dia yang Perlu Anda Tahu tentang Kitchen Set Galley (Single Row)

, sarae.id

Tata Letak Single Row Kitchens adalah desain hemat ruang yang menggabungkan perlengkapan dapur menjadi bilah linier tunggal yang dioptimalkan. Mirip dengan Two Row Galley Kitchens, Single Row Kitchens memerlukan zona yang berdekatan untuk akses pengguna. Lebar izin antara 4′-6 ‘| 1,2-1,8 m harus disediakan di depan Single Row Kitchens untuk memberikan akses yang cukup ke peralatan dapur. Single Row Kitchens memiliki panjang linier yang berkisar antara 7’-12.5 ‘| 2,1-3,8 m dan harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 75 kaki2 | 7 m2.

, sarae.id

Beberapa pertanyaan umum yang mungkin perlu Anda ketahui

Penerapan dapur yang tepat terkadang menjadi sulit ketika penghuni rumah bingung dalam meletakkan perabot dapurnya supaya menjadi lebih nyaman dan efisien dalam beraktifitas. Mulai dari aktifitas memasak hingga mencuci piring semua menjadi satu di dalam ruang dapur.

Dapur jenis single row ini semua aktifitas dapur berada di satu area yang sama. Mulai dari dapur kotor hingga dapur bersih. Meski  banyak yang beranggapan kurang nyaman karena semua aktifitas dapur berada di area yang sama, namun bagi pemilik hunian yang memiliki lahan sempit bisa sangat terbantu. Maka dari itu banyak rumah yang memiliki lahan sempit maupun apartemen menggunakan kitchen set jenis single row untuk di terapkan ke dalam ruang dapur mereka.

Keuntungan yang didapat ketika menerapkan kitchen set galley jenis single row ini adalah bisa lebih hemat tempat dengan area ruang dapur yang terbatas. Sedangkan kekurangan dari jenis ini adalah ruang gerak yang tentunya lebih terbatas dan dirasa kurang efisien. Namun jika Anda menerapkan beberapa tips berikut ini, ruang dapur dengan kitchen set galley tipe single valley akan sangat membantu dalam mengoptimalkan ruang dapur Anda.

Ketika akan mendesain ruang dapur, jarak menjadi salah satu fokus yang perlu diperhatikan. Unitu jenis single row ini, Anda bisa menyiasati dengan meletakkan kitchen set di salah satu sisi sudut, sehingga sudut lain dapat digunakan sebagai alternatif ruang makan. Bahkan karena keterbatasan lahan, Anda bisa memanfaatkan meja dapur sebagai salah satu alternatif ketika menerapkan kitchen set galley jenis single row ini.

Apakah Kitchen Set Galley jenis Single Row?

Kitchen Set Galley merupakan penataan dalam ruang dapur yang menggabungkan bermacam jenis perabotnya dengan tananan bilah linier secara efektif. Kitchen Set Galley ini didesain secara linier dengan koridor atau ruang kosong yang jelas sehingga dapat memudahkan akses orang di ruang dapur tersebut.

Apa Saja Persyaratan dalam Mendesain Kitchen Set Galley jenis Single Row?

Ketika Anda ingin mengeksplorasi desain dapur dengan tema Kitchen Set Galley jenis Single Row, ada beberapa hal yang perlu menjadi dasar dalam mendesain ruangannya. Dalam mendesain ruangan dapur jenis ini harus menyediakan lebar dengan bentang  4′-6 ‘| 1,2-1,8 m untuk memberi akses yang cukup ke peralatan-peralatan dapur.

Lalu Berapa Luas yang Harus Disediakan dalam Mendesain Kitchen Set Galley jenis Single Row?

Ketika mendesain ruang dapur dengan jenis ini, pastikan bahwa Anda memiliki ruang gerak yang cukup sehingga dapat membuat Anda merasa nyaman ketika melakukan aktifitas. Standar yang dapat dijadikan referansi untuk Kitchen Set Galley jenis Single Row yaitu luasan ruang berada dikisaran 75 ft2 atau setara dengan 7 m2. Sedangkan dapur dengan jenis ini pada umumnya memiliki panjang linier kisaran 7′-12,5’atau 2.1-3.8 m dan lebar ruang dapur yang bervariasi yaitu antara 4′-6 ‘atau 1,2-1,8 m.

Sedangkan beberapa pertanyaan khusus mengenai dapur Kitchen Set Galley jenis Single Row bisa kita temui di bawah ini.

Apa saja ya faktor penting yang perlu menjadi pertimbangan saat akan menata ruang dapur?

Beberapa faktor yang sangat penting ketika akan mendesain dapur adalah ketersediaan ruang. Maksud disini adalah apakah ruangan yang akan di jadikan dapur ini sudah dipersiapkan dengan matang atau belum. Lalu perhatikan juga bagaumana tujuan dari penggunaan ruang yang akan dijadikan sebagai ruang dapur dengan jenis Single Row ini karena bagaimanapun juga semua orang ketika memasak pasti membutuhkan ruangan khusus yaitu ruang dapur.  Disini Anda perlu memperhatikan secara rinci bagaimana penempatan peralatan-peralatan dapur yang diperlukan saat melakukan aktifitas memasak, mulai dari persiapan peralatan hingga membersihkan peralatannya. Misalnya penempatan untuk tempat cuci piring, penempatan lemari es, serta bagaimana penempatan wastafel yang pas. Dari situ Anda dapat menata area yang spesifik untuk menunjukkan bagaimana dalam menyiapkan peralatan ketika akan memasak, bagaimana pengaturan alat-alat dari area memasak, area memotong, area mencuci piring dan area lain yang berhubungan dengan aktifitas di dapur. Ketersediaan area-area ini perlu menjadi pertimbangan penting sehingga aktifitas orang di dapur dengan jenis rak single row menjadi lebih efisien dan memiliki kualitas pencahayaan yang cukup baik.

Bagaimana Jika Ruang Dapur yang Tersedia Hanya Berukuran Kecil?

Kitchen Set Galley jenis Single Row ini menjadi pilihan yang sangat tepat ketika hunian rumah hanya menyediakan ruang dapur yang kecil. Meskipun tidak sememadai Kitchen Set Galley jenis lain, jenis single row ini bisa dimaksimalkan dengan membuat rak menyusun secara vertikal sehingga peralatan dapur bisa terseimpan rapi.

Desain Dapur Modular, Apakah Itu?

Ketika akan menerapkan Kitchen Set Galley jenis Single Row ke dalam ruangan, maka jenis modular ini dapat Anda terapkan. Desain dapur modular ini memiliki modul yang kecil yang terpisah menjadi beberapa bagian, kemudian ditata secara berulang sehingga dapur dapat tertata menjadi lebih efisien dan fungsional. Dengan jenis Kitchen Set Galley jenis Single Row, modul-modul dapur ini dapat Anda tata secara memanjang.

Contoh Penerapan Kitchen Set Galley jenis Single Row

, sarae.id

Dalam jenis kitchen set ini dapat bekerja dengan baik dalam penataan ruang dapur. Dengan kabinet yang mengkilap akan menciptakan ilusi optik dengan lebih banyak ruang. Selain itu meski ruangan menjadi satu dengan area keluarga, estetika dari area dapur ini dapat terus terjaga. Disini terlihat bahwa ruang terbuka menjadi satu kesatuan dengan area dapur dengan jenis single row, sehingga pencahayaan dan penghawaan dalam ruang dapur akan terasa optimal. Ruangan dapur yang memiliki kesan ramping ini sangan efektif dalam persiapan makanan, peralatan dapur yang saling terintegrasi dan praktis, serta ruang gerak yang relatif mudah.

, sarae.id

Ide dapur yang menggunakan kitchen set galley jenis single row ini dapat digunakan dengan sempurna karena ruangan dapur yang kecil dapat dimanfaatkan secara optimal dengan memanfaatkan pencahayaan pada bagian atas ruang dapur. Anda dapat memainkan warna cat dinding juga ke dalam ruang dapur yang memiliki kitchen set galley jenis single row supaya pantulan cahaya dapat tersebar merata ke dalam ruangannua. Tambahan dinding bata juga dapat memberi kesan yang menawan untuk mengoptimalkan ruangan dapur Anda.

, sarae.id

Ide selanjutnya adalah memanfaatkan material lain yang dapat memberikan nuansa untuk ke dalam ruang dapur yang memiliki kitchen set jenis single row. Meski kitchen set jenis ini tergolong kecil, namun Anda tetap dapat memberikan nuansa yang unik ke ruang dapur dengan mengubah material furnitur dengan material yang bisa sebagai papan kapur. Selain unik, penerapan ini juga dapat memberikan estetika sendiri ketika akan mengeksplorasi desain. Anda juga dapat menuliskan beberapa note penting dengan menuliskannya pada kitchen set tersebut. Menarik bukan?

, sarae.id

Jika salah satu area ruangan yang tersedia tidak terlalu panjang, jangan ragu untuk mengubahnya menjadi ruang dapur. Jika ada ruang kosong seperti dalam gambar diatas, Anda bisa mengubahnya menjadi ruang dapur dengan memanfaatkan langit-langit yang tinggi dengan memberikan rak dapur secara vertikal. Semakin tinggi rak, maka Anda dapat mengisinya dengan barang-barang yang jarang digunakan, sehingga akan lebih mengotimalkan penggunaan serta aktivitas ruang dapur di dalamnya.

, sarae.id

Jika sebelumnya memanfaatkan lemari ganda dengan sistem yang vertikal, maka kitchen set galley jenis ini menggunakan papan-papan yang dapat menjadi aksesoris serta meletakaan berbagai macam bahan dapur serta beberapa aksesoris tambahan seperti vas bunga sebagai estetika dalam ruang dapur Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis