Ini Dia Kitchen Set jenis L-Shape Square

, sarae.id

L-Shape Kitchen Islands (Square) adalah tata letak dapur umum yang menggunakan dua dinding yang berdekatan, atau konfigurasi L, untuk secara efisien mengatur berbagai perlengkapan dapur di sekitar konter pulau persegi., sarae.id

Fleksibel spasial untuk berbagai variasi panjang dan kedalaman, desain L-Shape Kitchen Island memberikan peningkatan ruang kerja, permukaan meja, dan opsi tempat duduk untuk dapur berbagai kegiatan. Lorong izin minimum 3’6 ”| Diperlukan 1,07 m di depan tata letak L-Shape, dengan lebar yang disarankan dari 4′-6 ‘| 1,2-1,8 m. Pulau Dapur L-Shape (Square) yang efisien telah cocok dengan panjang 11 ‘| 3,35 m dan harus direncanakan dengan luas keseluruhan sekitar 121 kaki2 | 11,2 m2.

Penjelasan umum tentang dapur dengan kitchen set jenis L-Shape Square

, sarae.idDesain utama dari kitchen set jenis kitchen set L-Shape Square ini sama seperti desain L-Shape pada umumnya, dimana memerlukan 2 dinding yang saling berdekatan sehingga membentuk konfigurasi L yang di seberang sudut dari kitchen set ini disediakan ‘island’ atau semacam dudukan meja yang dapat difungsionalkan untuk berbagai aktifitas tambahan seperti meja makan, kegiatan memasak, dan kegiatan lainnya. Bentuk L-Shape yang berada di dua sudut ini secara efien dapat mengatur berbagai perlengkapan dapur di sekitar ‘island’.

Apa Saja Standar Utama dalam Mendesain Kitchen Set jenis L-Shape Square?

Ruang dapur yang perlu dipersiapkan ketika Anda ingin merancang dengan kitchen set jenis L-Shape Square yaitu perlu menyediakan koridor minimal berukuran 3’6” atau sekitar 1,07 meter. Akan tetapi jika Anda memiliki ruang dapur yang lebih luas, Anda dapat menambahkan lebar koridor menjadi kisaran 4’-6’ atau 1,2 hingga 1,8 meter supaya pergerakan penghuni rumah yang melakukan aktifitas di dapur menjadi lebih nyaman. Selain itu dengan lebar koridor yang optimal maka dapat memberikan akses yang cukup untuk membawa berbagai peralatan dapur ketika sedang memasak.

Bagaimana standar utama ‘Island’ dalam Kitchen Set Jenis L-Shape Square?

, sarae.id

Perbedaan utama dalam penerapan kitchen set jenis L-Shape Square ini adalah peletakan ‘Island’ atau meja eksisting yang letaknya berada di seberang surut dari kitchen set jenis L-Shape. Area ‘island’ ini harus memiliki area optimal kisaran 121 ft persegi atau setara dengan 11,2 meter persegi. Sedangkan tata letak ‘island’ yang efisien memiliki panjang sekitar 11’ atau setara dengan panjang 3,35 meter. Sedangkan dimensi dari ‘island’ ini disesuaikan dengan kebutuhan dari dapur. Sehingga dapur kitchen yang menerakan jenis ini akan lebih efisien.

Dapur terbukan dengan ruang makan yang cukup sangat cocok dengan konsep Kitchen Set ini

Penambahan ‘Island’ di dalam kitchen set jenis L-Shape Square merupakan tambahan fungsional yang cukup efektif. Selain itu penambahan ‘island’ ini juga akan menambah kinerja yang semakin optimal bagi penghuni rumah yang melakukan aktifitasnya ketika sedang berada di ruang dapur. Alasan paling utama dalam penggunaan ‘island’ ini adalah karena akan memberi area counter yang lebih banyak sehingga peralatan atau bahan masak dapat dimpan lebih banyak dari kitchen set jenis L-Shape tanpa adanya ‘island’. Saat semua peralatan dapat disimpan semua, maka dapur akan memiliki kesan yang lebih rapi bila dibandingkan dengan peralatan yang tidak diletakkan di rak atau counter-counter kitchen setnya. Selain itu penggunaan ‘island’ ini dapat memungkinkan penghuni rumah dapat melakukan kegiatan di dapur dengan occupancy lebih dari satu orang tanpa saling bersinggungan dan berdesak-desakan. Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, maka penerapan ‘island’ dalam kitchen set jenis L-Shape Square ini dapat Anda fungsikan secara ganda yaitu sebagai tempat area memasak sekaligus area makan jika diperlukan.

Penerapan dapur dengan Kitchen Set L-Shape Square

Penerapan dapur dengan kitchen set jenis L-Shape Square termasuk dalam kategori yang dapat menghemat ruangan. Dengan konsep yang dibuat terbuka, tata letak kitchen set jenis L-Shape Square dapat bekerja secara maksimal. Skema peletakan kitchen set ini sangat hemat ruang dan nyaman karena tidak ada penghalang fisik antara ruang dapur dan meja makannya. Bahkan jika Anda dapat mengoptimalkan ruang dapur ini, kedua kegiatan ini (baik dapur atau ruang makan) dapat saling berbagi ruangan sehingga akan lebih hemat ruang.

Perlukah memasang ‘Island’ atau meja tambahan di bagian sudut lain kitchen set L-Shape Square?

, sarae.id

Penerapan ‘island’ yang paling optimal adalah jika dipadukan dengan bentuk kitchen set dengan jenis L-Shape. Jika memiliki hunian di lahan terbatas seperti perumahan atau jenis hunian apartemen, maka ide bagus bagi Anda untuk dapat mengaplikasikan dua ruangan yang berbeda aktifitas ke dalam satu ruangan. Hal ini akan menguntungkan pemilik rumah karena dapat lebih menghemat ruangan sehingga setiap ruangan di dalam hunian dapat berfungsi scara maksimal. Salah satu yang dapat Anda terapkan adalah menggabungkan antara ruang dapur dengan ruang makan. Bagi dapur yang akan menerapkan kitchen set jenis L-Shape Square, menggabungkan ke dua ruang dapat membantu dapur kecil Anda sehingga dapat lebih rapi dan teratur. Dengan menambahkan ‘Island’ ke dalam kitchen set jenis L-Shape Square ini juga dapat berfungsi sebagai rak penyimpanan tambahan atau dapat juga berfungsi sebagai meja kerja atau meja makan tambahan bagi penghuni rumah.

Selain itu ruangan dapur akan lebih seimbang jika Anda tidak memasang sekat yang memisahkan antara kutchen set jenis L-Shape Square yang memiliki ‘island’ dengan ruangan lain agar lebih nyaman dan dapat digunakan oleh penghuni rumah dengan kapasitas lebih dari 1 orang.

Selain berupa rak, penerapan ‘island’ dalam kitchen set jenis L-Shape Square juga dapat digfungsikan sebagai rak bar. Mengaplikasikan rak bar dapat lebih sempurna sebagai persiapan makanan dan bersantai. Selain itu rak bar juga dapat berfungsi sebagai pemisah semi permanen antara ruang dapur dengan ruang lain. Jadi bagi pemilik rumah yang tidak ingin ruang dapurnya terlihat keseluruhan, maka penerapan rak bar dalam kitchen set jenis L-Shape akan sangat efektif. Supaya tampilan menjadi lebih sempurna, Anda dapat melerakkan kursi-kursi ringgi yang kemudian di letakkan bersama dengan rak bar.

Pelengkap Dapur dengan Kitchen Set jenis L-Shape Square

Agar tampilan dapur dengan kitchen set jenis L-Shape Square menjadi sempurna, maka Anda dapat menggunakan material yang berbeda antara ruang dapur dengan ruang lain yang saling berdekatan. Anda dapat memberikan warna-warna kontras ke dalam ruang dapur untuk memberikan kesan yang menonjol. Salah satu yang dapat Anda terapkan adalah dengan memasang lantai dapur yang kontras dengan lantai ruang lainnya. Agar tampilan menjadi dekoratif, pemisah antar laintai ini lebih baik hindari pemisah garis lurus. Anda bisa aplikasikan pemisah lantai dengan bentuk yang abstrak, mulai dari bergelombang hingga pemisah lantai dengan bentuk bergerigi. Untuk hasil yang lebih berkesan, Anda juga dapat memberikan transisi lantai dengan material kayu.

Untuk pemilihan warna dalam ruang dapur, jangan khawatir dalam menciptakan ilusi cahaya atau ruangnya. Anda dapat mencampur warna putih pucat yang dikombinasikan dengan warna hitam untuk menghasilkan kesan dapur yang ekskluisf. Selain itu Anda juga dapat mempertimbangkan warna-warna yang berani untuk dipalikasikan ke dalam ruang dapur, misalnya warna biru tua yang diaplikasikan dengan warna putih di bagian atasnya supaya ruang dapur memiliki kesan yang luas dan ringan.

Selain pemilihan warna dinding, Anda juga dapat menerapkan pemilihan warna dalam kitchen set dengan warna lain seperti lantai. Salah satu yang dapat Anda terapkan adalah warna polos dari kitchen set yang kemudian dipadukan dengan warna keramik yang kontras dan berpola sehingga tidak akan menimbulkan kesan yang monoton ke dalam ruang dapur. Atau Anda juga dapat menerapkan wallpaper dinding yang berpola ke dalam dapur Anda, lalu diaplikasikan dengan furnitur dengan model dan warna yang lebih soft agar ruangan dapur menjadi seimbang.

Mengapa harus memilik kitchen set jenis L-Shape Square daripada jenis lainnya?

Dapur dengan kitchen set jenis L-Shape ini termasuk salah satu yang paling populer dikarenakan fleksibilitasnya, serta dapat dengan mudah diaplikasikan ke hampir semua ukuran dan bentuk dari ruang dapur baik dapur jenis tertutup maupun dapur jenis terbuka (open space). Tata letak dapur dengan kitchen set ini dapat memaksimalkan ruang dinding serta lantai. Selain itu dapat menambah ruang penyimpanan yang besar tanpa menghalangi pergerakan ruang gerak si penghuni rumah. Jadi bagi Anda yang memiliki dapur dengan ruang kecil, dapat memanfaatkan kitchen set jenis L-Shape Square ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis