<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

Tips Menata Interior Apartemen di Bandung Agar Lebih Cozy


oleh Admin pada 09 August 2019

pada : minimalist, skandinavian, ruang tamu minimalist, ruang tamu skandinavian

Tips Menata Interior Apartemen di Bandung Agar Lebih Cozy | SARAÈ Blog

Kamu punya atau sedang berencana untuk membeli sebuah apartemen di Bandung? Tapi masih merasa bingung bagaimana konsep desain interior apartemen di Bandung yang cocok diterapkan? Agar tidak bingung, Sarae akan memberikan informasi seputar tips penataan interior apartemen yang bisa coba kamu terapkan, yuk simak ulasannya.

Tips Awal

Sebagian besar dari Kamu mungkin mencari cara cerdas untuk meningkatkan kapasitas ruang di rumah Kamu. Pada akhirnya, itulah esensi dari kata “minimalis”. Meskipun tidak ada formula khusus dalam mendesain apartemen studio berukuran kecil, ada beberapa kunci yang berdampak pada keberhasilan proyek ini. Pada dasarnya, penghuni unit apartemen studio juga akan merasa lebih nyaman menempati unit yang tidak dijejali banyak perabotan dan barang.

Mulailah dengan memperhatikan barang-barang yang Kamu miliki, dan perhatikan apakah ada yang bisa dijual atau diberikan kepada orang lain jika ada yang tidak Kamu butuhkan lagi. Ruangan yang luas dan bersih akan memberikan lebih banyak ruang gerak untuk Kamu menata desain interior apartemen Kamu tersebut. Setelah itu, Kamu dapat mencoba mengikuti tips-tips dari kami berikut ini untuk mempercantik apartemen Kamu.

Hanging Furniture

Untuk tips yang satu ini, mungkin Kamu harus membicarakannya terlebih dahulu kepada manajemen gedung. Tren menggunakan cabinet yang tergantung atau tertempel di dinding sudah menjamur di mana-mana berkat kepraktisan dan kesimpelannya. Kamu dapat membuat sendiri cabinet ini dari papan kayu yang diberikan cat, atau membeli yang langsung jadi di toko-toko furniture. Kebanyakan toko ini juga memberikan jasa pemasangan juga, jadi Kamu tidak perlu repot-repot melakukan pemasangan furniture sendiri.

Tekankan Warna Kontras

Suka warna-warna cerah? Jangan terburu-buru untuk langsung membeli perabotan dan perlengkapan rumah dalam warna-warna kesukaan itu dulu. Memang ruangan yang didominasi warna cerah akan terkesan bersih dan rapi, tetapi perbedaan warna kontras yang jelas akan membuat ruangan apartemen studio Kamu menjadi lebih elegan. Untuk ini, gunakan kombinasi tiga hingga empat warna agar tidak terlalu banyak warna yang bertabrakan, dan konsistenlah dengan warna-warna tersebut.

Image source: pexels.com

Kosong Bukanlah Masalah

Setelah membersihkan apartemen, Kamu malah merasa ruangannya jadi terlalu kosong? Simpan dulu kekhawatiran tersebut, karena dengan ruangan yang kosong, Kamu bisa menambahkan tips berikutnya.

Image source: pexels.com

Tambah Warna Lampu Lain

“Yang paling terpenting yaitu pencahayaan yang sempurna setiap saat” Oscar De La Renta

Jika Kamu senang bereksperimen dengan desain interior apartemen di Bandung yang minimalis, cobalah untuk mengganti atau menambah lampu berwarna di ruangan apartemen tersebut.

Image source: pexels.com

Mencoba Vintage

Vintage berarti kembali ke desain zaman dahulu yang tidak kuno dan tetap elegan. Bagi Kamu yang suka vintage, Kamu dapat menginkorporasikan gaya ini ke dalam apartemen Kamu. Dan jangan khawatir, Kamu tidak perlu membeli perabotan-perabotan tua yang mahal untuk mendapatkan nuansa gaya ini. Kamu cukup memberikan warna cokelat tanah pada beberapa furniture di apartemen, karena ini adalah karakter paling netral dari gaya vintage.

Image source: pexels.com

Aromatic Candle

Lilin-lilin beraroma bisa dipajang di salah satu sudut apartemen Kamu untuk memberikan hawa relaksasi sehabis pulang kuliah atau bekerja. Pilihlah lilin yang juga berdesain cantik untuk menambah kecantikan ruang apartemen. 

Image source: pexels.com

Beli Furniture Baru Jika Memungkinkan

Untuk apa Kamu memiliki lima kursi kecil yang tidak semuanya dipakai, jika Kamu bisa memiliki satu kursi panjang yang bisa dijadikan tempat berbaring sambil menggunakan laptop? Contoh skenario tadi bisa dijadikan pertimbangan untuk meminimalisir perabotan yang dirasa memakan tempat dan jarang digunakan.

Karpet di Bawah Meja

Lantai Kamu bisa dipercantik dengan kehadiran karpet sesuai kesukaan Kamu. Kecil, sedang atau besar, dan apapun warnanya (asalkan tidak tabrak warna sendiri), gunakanlah lembaran kain karpet untuk memberikan aksen pada lantai yang polos.

Tambahkan Aksesoris Seperti Cermin

“Aksesori yaitu jiwa bagi sebuah ruangan” Austin Warner 

Cermin menambah kesan luas dari sebuah ruangan berkat refleksinya. Jika Kamu ingin membuat desain interior apartemen studio minimalis Kamu terlihat lebih luas, pertimbangkanlah tips ini.

Mulailah Menanam

Tanaman hijau atau bunga-bungaan membuat apartemen serasa lebih hidup dan asri. Taruhlah beberapa pot kecil tanaman kesukaan Kamu di tempat yang tetap mendapat jangkauan sinar matahari agar tetap subur dan bertahan lama, dan jangan melupakan kewajiban Kamu untuk selalu menyiramnya.

Sistem Kloset atau Lemari Terbuka

Salah satu tantangan dalam apartemen studio adalah menciptakan ruang kloset atau lemari pakaian yang memadai, apalagi untuk kaum hawa yang notabene punya lebih banyak harta benda dibandingkan pria di bidang fashion.

Untuk yang satu ini, solusinya cukup mudah dan ekonomis jika apartemen studio menggunakan sistem kloset atau lemari terbuka. Baik secara DIY, tempah ataupun furnitur umum , gunakan strategi kloset tanpa pintu supaya fungsionalitas kian optimal dan tetap penuh estetika.

Partisi Ruangan

Partisi boleh jadi adalah perangkat paling penting dalam apartemen studio yang menginginkan pemisahan ruang tanpa ribet. Berbagai bentuk dan variasi partisi juga akan semakin memudahkan penataan apartemen studio yang paling maksimal. Privasi juga menjadi hal yang bukan mustahil berkat partisi di apartemen studio.

Furniture multifungsi dan ramping

Dari kamar apartemen studio di Gothenburg, Swedia satu ini dapat diambil idenya yaitu menjadikan tempat tidur menjadi area tidur ataupun sofa untuk duduk santai. Lebar ruangan yang tidak terlalu besar juga membuat ruangan ini harus ditata dengan furniture yang ramping sehingga tidak memakan banyak tempat.

Seperti halnya meja yang tidak memiliki pernak-pernik rak sehingga membuat ruangan terasa lebih terbuka dan rapi.

Furniture built-in

Selain penggunaan furniture multifungsi, desain built-in dan fleksible pada furniture juga dapat menjadi salah satu ide baik dalam merancang studio apartemen Kamu. Tidak hanya memudahkan Kamu dalam menata ruangannya, tentunya apartemen ini akan lebih mahal ketika dijual kembali. Pada apartemen yang berlokasi di NYC satu ini, di balik dinding belakang sofanya, terdapat tempat tidur yang dapat dibentangkan dan digunakan ketika malam tiba. Satu ruangan untuk berbagai macam aktivitas.

Manfaatkan ruang pada langit-langit yang tinggi

Jika ruang apartemen Kamu memiliki langit-langit yang tinggi, tentu saja memanfaatkan hal tersebut akan mempermudah Kamu untuk menata hunian. Pada sebagian langit-langit hunian dirancang untuk menjadi area tempat tidur yang tidak terlalu tinggi. Sebagian ruang lainnya dapat difungsikan sebagai area santai, area kerja, ataupun ruang tamu.

Dengan area tempat tidur yang berada di atas, tentunya terasa lebih privat. Tangga menuju ruangan di atasnya pun didesain multifungsi sebagai area penyimpanan barang.

Pemilihan warna dan perabotan untuk hunian langit-langit rendah

Berkebalikan dengan desain sebelumnya yang memiliki langit-langit cukup tinggi, untuk hunian apartemen berlangit-langit rendah juga dapat mendesain apartemen jadi lebih nyaman. Warna serta pemilihan furniture akan turut andil dalam memunculkan kesan ruangan.

Warna putih menjadi salah satu pilihan warna mudah untuk memunculkan kesan luas pada ruang hunian yang kecil. Jika warna putih ditampilkan dari dinding hingga langit-langit tentunya memberikan kesan tinggi karena tidak memperlihatkan sudut ruangannya.

Langit-langit yang rendah juga dapat diakali dengan memililh berbagai kebutuhan furniture yang tidak tinggi. Jendela yang lebar pada apartemen juga memberikan ilusi ruang yang luas dan besar.

Nah, itulah beberapa tips dari Sarae untuk kamu yang ingin menata interior apartemen di Bandung agar terasa lebih cozy. Kalau kamu masih bingung dan membutuhkan konsultasi lebih lanjut soal interior furniture, langsung saja konsultasi gratis ke sarae di sini


<< Kembali ke blog


KATEGORI