<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

Tips dan Trik Merencanakan Pembangunan Interior untuk Tampilan yang Maksimal


oleh Mirdha pada 14 March 2019

pada : interior design, planning, perencanaan

Tips dan Trik Merencanakan Pembangunan Interior untuk Tampilan yang Maksimal | SARAÈ Blog
via: Fabelio

Merencanakan pembuatan interior bukan hal yang mudah bagi beberapa orang, oleh karena itu team SARAE Interior Design membantu anda merencanakan pembuatan interior berdasarkan pengalaman kami, anda bisa menyimaknya pada artikel berikut ini! semoga membantu dan bisa memberikan anda inspirasi dalam mempersiapkan pembangunan interior impian anda.

Interior ialah elemen yang sudah semestinya memperoleh perhatian utama ketika akan membangun hunian maupun bangunan lainnya seperti café, kantor dan untuk kebutuhan lainnya. Merencanakan pembangunan interior menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang memiliki kesibukan.

Padahal, ada tahapan-tahapan yang bisa dilakukan untuk membuat perencanaan lebih efektif serta lebih terarah. Berikut tahapan-tahapan yang bisa anda ikuti sebelum memulai pembangunan interior:

1. Menentukan Tipe Desain yang Sesuai dengan Karakter Anda

via: essentialhome

Sebelum mencari referensi dari sumber lain mengenai trend interior terkini ada baiknya anda mengetahui lebih dahulu keinginan anda pribadi dengan melihat pada kebutuhan serta desain seperti apa yang sesuai dengan karakter anda.

Desain interior tidak melulu harus mengikuti trend, anda juga bisa melakukan mix and match dari beberapa tipe desain interior yang dipadukan dengan desain versi anda sendiri. Seperti misalnya anda memadukan gaya interior minimalis dengan sentuhan etnik, atau bisa saja gaya interior rustic dipadukan dengan gaya interior Skandinavia.

Pada interior anda bebas berekspresi, tapi jangan lupa sisi kenyamanan harus selalu diperhatikan dengan baik. Karena nilai estetika tidak selalu mendukung dari sisi kenyamanan. Oleh karena itu konsepkan sejak awal desain yang bisa menyinergikan antara dua hal; nyaman dan baik secara estetika.

Cari tahu kebutuhan utama anda serta tipe desain yang sesuai dengan karakter anda. Hal ini bisa dilakukan dengan berdiskusi bersama anggota keluarga agar segala kengininan bisa diakomodasi atau diambil jalan tengah supaya tetap selaras.

Ada banyak tipe desain interior, dan anda harus memilih salah satunya yang paling sesuai dengan selera anda.

2. Memantapkan Tipe Desain Dengan Melihat Referensi Lain di Internet

via: FROY

Setelah mengetahui kebutuhan anda secara pribadi atau menggabungkan antara keinginan anggota keluarga lainnya, anda bisa memulai mencari-cari referensi di internet terkait dengan interior. Ada banyak sekali website yang secara khusus memberikan pengetahuan mengenai seluk-beluk interior, dari mulai hal yang paling mendasar sampai ke hal bersifat kompleks mengenai interior dan segala unsurnya.

Riset di dunia maya sangat penting agar anda memperoleh pengetahuan lain yang bisa memberikan anda masukkan dari para ahli secara gratis. Sumber-sumber di internet bisa dimanfaatkan untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya.

Dengan mengantongi ide-ide anda bisa mengasah jiwa kreatif anda. Dari mulai memilih furniture, menentukan dekorasi yang tepat, hingga mengetahui cara membuat barang-barang DIY yang bisa menghemat pengeluran anda.

Memanfaatkan sumber yang tersebar di internet adalah cara yang paling tepat apabila anda memiliki dana yang terbatas untuk berkonsultasi dengan desainer interior. Tapi jika anda memilih desainer interior yang tepat, ada juga lho desainer interior yang menawarkan jasanya dengan menyesuaikan dengan anggaran yang anda miliki. Terkait dengan budget akan dibahas pada poin selanjutnya.

Lebih jauh mengenai sumber online untuk mencari inspirasi interior.

3. Menentukan Desainer Interior Terpercaya

via: amara

Menentukan desain interior yang terpercaya bisa dilakukan melalui berbagai cara, cara-cara tersebut di antaranya:

  • Memilih desainer interior yang dekat dengan rumah anda
  • Memilih desainer interior yang memiliki website resmi
  • Rekomendasi teman atau kerabat

Salah satu poin di atas bisa dijadikan pertimbangan ketika hendak memilih desainer interior. Berikut apabila anda ingin mengetahui daftar desainer interior untuk wilayah Bandung dan Cimahi yang sudah dikurasi dan dijamin secara kualitas.

Daftar tersebut bisa membantu anda memilih desainer interior terpercaya khususnya untuk wilayah Bandung dan Cimahi.

4. Mencari Tahu Harga Desain Interior

via: uniquebuilderdtexas

Informasi mengenai jasa layanan interior juga harus anda kuasai dengan baik. Perbedaan mengenai harga desain saja, harga untuk design & built, atau harga built saja bisa sangat berbeda. Dan setiap penyedia jasa interior umumnya mematok harga yang berbeda.

Pembeda harga umumnya ditentukan berdasarkan material, bentuk/model, kerumitan desain, banyaknya revisi pada gambar desain, hingga ukuran dari furniture atau desain interior tersebut. Semakin berkualitas material, semakin sulit bentuk, tingkat kerumitan desain, jumlah revisi pada gambar desain, hingga ukuran menjadi penentu tingginya harga desain interior. Silakan mempelajari gambaran harga desain interior di sini.

Melakukan perbandingan antara satu penyedia jasa interior dengan yang lainnya juga penting untuk dilakukan karena pada umumnya desainer interior memiliki spesialisasi masing-masing. Ada yang terspesialisasi khusus di interior bertemakan minimalis, ada yang berfokus pada interior bergaya eropa dan beragam tipe lainnya. Dari segi harga juga setiap desainer interior menawarkannya dengan berbeda-beda, anda harus menyesuaikan desainer yang tentunya bersesuaian dengan karakter anda.

5. Budgeting Menyesuaikan dengan Anggaran

via: amara

Setelah mendapatkan gambaran mengenai harga desain interior, di sini anda suudah mulai bisa memasuki tahapan budgeting atau perencanaan anggaran. Perencanaan angaran bisa dilakukan sebelum dan sesudah menemui desainer interior pilihan anda.

Budgeting sebelum bertemu desainer interior berfungsi untuk memberikan gambaran kepada desainer interior soal pilihan budget yang anda harapkan. Dengan memiliki perencanaan sebelum bertemu dengan desain interior akan sangat membantu desainer untuk memiliki gambaran mengenai budget yang anda miliki, tentu saja para desainer akan membantu anda melalukan revisi soal biaya ini. Perencanaan anggaran yang sudah anda buat bisa dirubah agar lebih murah atau sebaliknya.

6. Konsultasi Dengan Ahli di Bidang Konstruksi dan Interior

via: schraderandco

Setelah memiliki gambaran soal anggaran, anda sudah bisa dengan lancar menemui desainer interior pilihan anda. Berbekal perencanaan budget ditambah gambaran mengenai tipe interior yang sudah menjadi impian anda akan mempermudah proses konsultasi.

Desainer interior hanya akan membantu anda melakukan penyesuaian dengan merevisi perencanaan-perencanaan yang sudah anda buat sebelumnya. Hal ini akan mempersingkat waktu anda berkonsultasi dengan ahlinya dan mempercepat proses pembangunan.

Konsultasi terkait konstruksi juga sangat penting karena para desainer interior akan menilai kelayakan bangunan agar bisa mendukung desain yang anda impikan.

7. Proses Pembangunan

via: theartofdoingstuff

Setelah 6 tahapan proses di atas terpenuhi maka proses pembangunan interior akan lebih lancar untuk diselesaikan. Penyelesaiannya bisa dalam waktu 1 hingga 6 bulan, tergantung kerumitan daripada desain. Penyelesaian desain interior umumnya sudah disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu customer dan penyedia jasa layanan interior.

Waktu penyelesaian desain interior ini tidak bisa dipercepat karena akan mengurangi kerapihan dari desain interior. Waktu yang sudah disepakati umumnya sudah memperhitungkan beban kerja dan tingkat kesulitan daripada desain.

Dengan mengikuti tahapan-tahapan di atas maka anda akan dengan mudah untuk melakukan perencanaan dalam pembuatan interior yang sesuai dengan impian anda. Perencanaan ini harus dilakukan secara matang dengan mempertimbangkan hal-hal yang utama, di antaranya anggaran dan ketersediaan waktu.

Jangan sampai di tahap perencanaan ini dilakukan dengan terburu-buru, hal ini karena semata-mata untuk tampilan yang maksimal dari interior anda. Bagaimana, apakah ingin segera melakukan perencanaan untuk membangun atau merenovasi interior? Jika ya, ada baiknya mengikuti tahapan-tahapan di atas. Selamat bereksplorasi dan menemukan ide-ide kreatif di luar sana!


<< Kembali ke blog


KATEGORI