<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

Elemen Utama yang Harus Ada pada Interior Dapur


oleh Mirdha pada 09 March 2019

pada : kitchen

Elemen Utama yang Harus Ada pada Interior Dapur | SARAÈ Blog

Dapur merupakan ruang yang bisa dikatakan paling penting untuk sebuah hunian. Dari segi interior ada banyak hal yang perlu kita perhatikan agar dapur menjadi ruangan yang tetap nyaman, fungsional, serta berpenampilan menarik. Salah satu hal yang bisa kita perhatikan untuk melakukan penataan pada dapur ialah material penyusunnya. Utamanya adalah material pembuatan Kitchenset. Kenapa Kitchen set? Hal ini karena Kitchen Set merupakan furniture utama yang wajib hadir di setiap dapur. Oleh karena itu materialnya harus diperhatikan dengan baik dari segi kualitas bahan maupun bentuk dan fungsinya.

via: heartapps

Untuk lebih jauh lagi, mari kita bahas elemen utama apa saja yang harus kita perhatikan pada interior dapur di bawah ini:

 

1. Tampilan, Material dan Fungsi Kitchenset

Sebagai elemen utama pada dapur keberadaan Kitchen Set haruslah diperhatikan dengan lebih detail, hal ini karena Kitchenset menjadi area di mana segala aktifitas dapur dilakukan. Untuk memaksimalkan fungsinya yang harus kita perhatikan adalah material pembuatannya, bahan seperti Plywood berbahan kayu meranti bisa anda pilih, selain karena kekuatannya plywood atau kayu lapis ini pun cenderung memiliki pertahanan yang tinggi terhadap udara lembap dan rayap, apabila dilapisi dengan HPL akan menambah kekuatannya. Lebih jauh mengenai berbagai jenis kayu silakan klik tautan berikut.

Sebagai pelengkap anda juga bisa memaksimalkan fungsi dan tampilan dapur melalui bahan yang dipilih untuk top table. Ada beragam bahan yang bagus untuk dipilih sebagai material top table, salah satunya yang kini sedang populer adalah material Terrazzo, Terrazzo adalah salah satu material komposit yang cukup unik untuk dijadikan elemen untuk interior, utamanya untuk bagian dinding dapur (sebagai backsplash) maupun untuk bagian top table dapur juga kamar mandi. Lebih jauh mengenai Terazzo anda bisa klik tautan berikut.

Selain Terrazzo bahan utama lain yang bisa dijadikan referensi sebagai top table dapur di antaranya adalah; marmer, granit, atau untuk yang cost friendly anda bisa melapisi bagian dapur dengan HPL saja tanpa material tambahan. Karena HPL sendiri sudah dilengkapi dengan durabilitas yang tinggi, tahan lembap, tahan rayap, juga tahan terhadap cairan dan suhu panas. Lebih jauh mengenai top table kitchen set.

via: shopify

Kitchen dengan top table bermaterial Terrazzo

 

2. Backsplash Dapur

via: familyhandyman

Backsplash adalah bagian yang juga harus kita perhatikan keberadaannya, karena dinding dapur adalah bagian yang rentan terkena cipratan cairan ketika sedang melakukan proses memasak, elemen seperti minyak dan lainnya sangat sulit dibersihkan apabila kita tidak melengkapi dapur dengan backsplash. Lalu, pilihan backsplash dapur yang bagus apa saja yang direkomendasikan untuk dipilih?

Bahan seperti keramik idealnya bisa dipilih untuk menjadi backsplash dapur karena karakter bahannya yang mudah dibersihkan ketika terkena cairan seperti minyak. Namun ternyata terdapat material lainnya yang tidak boleh ketinggalan dijadikan referensi untuk dipilih. Material seperti mozaik dinding, Terrazzo, Solid Surface, Stainless Steel, Cermin maupun wall sticker berbahan PVC bisa dijadikan pilihan untuk melengkapi interior dinding dapur anda. Dengan melengkapi dapur menggunakan backsplash maka anda tidak perlu khawatir lagi dinding dapur menjadi kusam dan sulit dibersihkan.

via: decoraid

Dinding dapur yang dilengkapi material keramik bermotif

via: bigchill

Dinding dapur dengan material mozaik dengan bentuk geometris yang kekinian

 

3. Budget Pembuatan Area Kitchen

via: sndimg

Sebelum berencana membangun maupun merenovasi dapur, perencanaan biaya harus diperhatikan dengan baik, dengan memilih desainer interior terpercaya anda bisa dibantu untuk menyesuaikan budget agar bersesuaian dengan fungsi, kualitas, serta tampilan dapur yang anda inginkan. Jangan terlalu berfokus pada ruangan lain sehingga biaya untuk pembangunan interior dapur menjadi terbaikan. Padahal dapur menjadi ruangan yang paling aktif digunakan dalam keseharian, sehingga segala hal di dalamnya mesti memiliki tingkat durabilitas yang tinggi.

Selain itu, tingkat kerentanan barang-barang untuk rusak di dapur lebih tinggi dibanding barang-barang pada ruangan lainnya. Hal ini karena benda-benda yang ada pada dapur paling sering bersentuhan dengan cairan dan suhu panas dibanding barang-barang yang ada pada ruangan lain.

 

4. Sirkulasi Udara dan Pencahayaan Optimal

via: familyhandyman

Pastikan area dapur mendapat asupan sirkulasi dan pencahayaan alami yang maksimal, jendela bisa membantu agar kebutuhan udara dan pencahayaan bisa terpenuhi dengan baik. Ketika asupan udara dan cahaya secara optimum terfasilitasi pada area dapur maka anda bisa dengan nyaman memasak tanpa harus menghawatirkan bau dari proses memasak tertinggal di ruangan. Ketika keberadaan jendela tidak memungkinkan untuk ada di dapur, maka anda bisa melengkapi dapur anda dengan alat lain, salah satunya adalah filtrex atau hood yang berfungsi menyerap bau dan hawa panas ketika proses memasak. Filtrex atau hood ini menjadi alat wajib yang harus anda miliki ketika area dapur anda tidak dilengkapi dengan jendela maupun ventilasi udara yang mumpuni. Dengan keberadaan filtrex maka segala bau yang dikhawatirkan melekat di area dapur karena proses memasak dijamin bisa hilang karena sudah diserap oleh filtrex.

via: thespruce

Dapur yang dilengkapi dengan filtrex.

Anda bisa memilih model filtrex yang sesuai dengan karakter anda karena terdapat model, merek dan warna yang berbeda untuk filtrex ini. Selain dengan filtrex, menyimpan tanaman hidup juga bisa membantu menciptakan udara yang lebih segar di area dapur, anda bisa menanam tanaman yang erat dengan kebutuhan memasak anda, untuk lebih jauh mengetahui hal terkait tanaman pelengkap kebutuhan memasak, anda bisa membaca melalui link berikut ini.

Keberadaan tanaman, selain bisa menghadirkan udara yang lebih segar pada ruangan juga bisa memberikan kesan yang lebih fresh pada ruangan.

 

5. Lengkapi Dapur dengan Kitchen Island

via: freshome

Kitchen Island merupakan furniture dapur yang penting untuk hadir apabila anda menginginkan dapur yang fungsional. Hal ini dikarenakan Kitchen Island bisa digunakan untuk berbagai fungsi yang mendukung kegiatan anda saat di dapur. Kitchen Island yang umumnya berada di tengah area dapur dan berdekatan dengan Kitchenset bisa digunakan secara multifungsi sebagai preparation table dan bisa digunakan pula sebagai meja makan. Ketika anda memilih Kitchen Island untuk hadir di area dapur, maka anda tidak perlu lagi memikirkan budget untuk meja makan, hal ini karena Kitchen Island sendiri sudah memiliki fungsi yang all in dari sekedar meja makan. Selain itu, Kitchen Island pun memiliki fungsi storage,  di mana terdapat laci-laci dan lemari yang tentunya bisa anda manfaatkan untuk menyimpan beragam alat-alat dapur, termasuk menata buku-buku resep anda. Dengan adanya Kitchen Island fungsi penataan barang-barang sesuai jenisnya bisa dengan mudah dilakukan. Anda tentunya bisa membuat Kitchen Island sesuai dengan bentuk dan preferensi fungsi yang anda inginkan dengan berkonsultasi pada desainer interior kepercayaan anda. Berikut daftar penyedia jasa interior yang terpercaya untuk daerah Bandung dan Cimahi.

via: hearstapps

Dapur dengan Kitchen Island yang fungsional

 

6. Fitting yang Kuat untuk Furniture Dapur

via: inscape

Merk Fitting untuk engsel, rel laci dan handle harus dipilih dengan seksama karena kualitas fitting akan menentukan berapa lama suatu furniture bertahan. Untuk area dapur yang umumnya mudah bersentuhan dengan cairan dan panas sudah barang tentu merek fitting-nya pun harus yang berkualitas. Tidak mudah berkarat, lentur dan tahan air. Kualitas fitting akan menjadikan furniture yang ada di dapur anda lebih tangguh dan bertahan untuk waktu yang lama. Kira-kira brand apa saja ya yang menjadi rekomendasi untuk merek fitting? Yuk klik tautan berikut ini untuk mempelajarinya lebih jauh.

Pastikan fitting yang anda pilih untuk furniture dapur anda memiliki durabilitas yang tinggi, tahan karat, tahan air dan lentur untuk mempermudah aktifitas anda selama di dapur. Merek fitting terpercaya juga akan mengurangi kemungkinan seringnya penggantian engsel, rel dan handle, terlebih lagi beberapa merek menjanjikan garansi yang menjamin penggantian apabila ditemukannya masalah terhadap fitting di kemudian hari.

 

6 Hal di atas harus anda perhatikan ketika sedang melakukan perencanaan pembangunan interior maupun renovasi interior dapur.


<< Kembali ke blog


KATEGORI