<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

Cara Mendekor Kamar Tidur Less Budget ala Desain Masa Kini


oleh Mirdha pada 23 June 2019

pada : bedroom

Cara Mendekor Kamar Tidur Less Budget ala Desain Masa Kini | SARAÈ Blog
via: pinterest

Kamar Tidur menjadi sebuah bagian dari hunian yang harus senantiasa nyaman dan menyesuaiakan dengan karakter pribadi sang pemilik. Namun, banyak orang yang merasa kesulitan untuk menata ruangan yang satu ini agar tetap nyaman dan tentunya tetap terlihat eye catching. Dua aspek tersebut harus senantiasa eksis lo di kamar tidur anda. Karena sebagian besar waktu anda banyak dihabiskan di tempat ini. Terlebih lagi untuk hunian model studio, apartemen hingga kamar kost-kostan di mana ruangan umumnya hanya mengutamakan bedroom sebagai ruangan utama.

So, mari kita simak tips-tipsnya untuk menata kamar tidur agar senantiasa nyaman dan tentunya estetik dengan budget yang tentunya tidak mahal dan cocok untuk kalangan milenial. Kira-kira apa aja ya tipsnya:

1. Pilihah Warna Tembok yang Cerah

via: pinterest

Bahan penutup tembok tentunya beragam, dari mulai cat tembok, bata ekspos hingga wallpaper. Anda bisa memilih bahan penutup tembok sesuai selera anda, namun pastikan warnanya harus cerah dan mencerminkan anak muda. Warna putih adalah yang paling standar karena akan sangat harmonis dengan perpaduan elemen dan warna lain pada ruangan, selain itu warna putih tentunya akan menjadikan kamar anda tampak luas.

Gaya Scandinavian mungkin akan cocok apabila anda menginginkan kamar tidur yang tampak baik secara tampilan namun tidak mengabaikan kenyamanan. Silakan membaca artikel berikut untuk mengetahui lebih jauh mengenai gaya Scandinavian, klik di sini.

2. Lighting Mumpuni

via: pinterest

Lighthing ini tidak berarti selalu harus berasal dari cahaya lampu, melainkan natural light akan jauh lebih baik apabila memungkinkan untuk dimaksimalkan. Cara memaksimalkan agar cahaya natural bisa masuk ke dalam ruangan dengan baik adalah salah satu caranya dengan keberadaan jendela juga penataan furniture yang tepat. Untuk furniture pastikan ukurannya tidak bulky atau berukuran besar apabila ukuran ruangan anda tidak terlalu besar, ukuran furniture yang bulky hanya akan membuat ruangan terasa penuh, sempit dan menjadikan aktifitas menjadi tidak nyaman.

Jendela akan membuat cahaya alami masuk dengan maksimal dan menjadikan penampilan suatu ruangan lebih baik lagi. Di antara jendela anda juga bisa menaruh beberapa tanaman hidup untuk menghadirkan efek yang greenies pada kamar tidur anda.

Jika pencahayaan alami masih dirasa sangat kurang, maka saatnya menambah bantuan dari lampu. Saat ini desain-desain lampu sangatlah beragam dan sangat unik. Amda tentunya bisa memadu padankannya dengan selera anda dan konsep interior kamar yang sudah ditetapkan.

3. Ventilasi Udara yang Tercukupi

via: crismatec

via: pinterest

Peran ventilasi ini sama pentingnya dengan peran jendela pada ruangan, kedua elemen tersebut saling menunjang untuk menghadirkan ruangan yang nyaman dengan sirkulasi dan pencahayaan yang baik. Apabila kedua aspek tersebut terpenuhi dengan baik maka kenyamanan pada ruang tidur anda akan terpenuhi.

Ventilasi yang cukup ini juga bisa didukung dengan menambahkan beberapa tanaman indoor, hal ini karena tanaman sudah teruji untuk menghadirkan ruangan dengan kondisi lebih sejuk, membersihkan udara dari polusi dan juga radikal bebas, dengan menempatkan beberapa buah tanaman pada kamar tidur maka iklim di kamar tidur pun akan terasa jauh lebih sehat dan segar!

4. Hindari Terlalu Banyak Menyimpan Dekorasi

via: pinterest

Lampu gantung yang unik terbuat dari bahan rotan

Dekorasi yang diletakan pada ruangan sebisa mungkin secukupnya, hanya taruhlah beberapa dekorasi seperti art work pada dinding atapun dekorasi yang memiliki fungsi. Dekorasi yang memiliki fungsi ini merujuk pada barang-barang yang pada dasarnya memiliki fungsi namun juga memiliki nilai lebih berupa bentuk yang menarik. Sehingga barang-barang standar seperti sofa, lemari, rak dan lainnya memiliki fungsi lain selain sebagai barang yang digunakan sehari-hari. Hal ini bisa dilakukan dengan memburu barang-barang standar dengan desain unik maupun melakukan modifikasi pada barang-barang yang ada agar tampilannya semakin stunning.

5. Ambalan sebagai Elemen untuk Membuat Dimensi pada Dinding

via: wearefound

Memasang ambalan atau floating shelf bisa juga dijadikan pilihan untuk memberikan sentuhan dimensi pada ruangan. Dengan memasang ambalan vibesi ruangan menjadi lebih berkarakter daripada membiarkan dinding plain tanpa dekorasi apapun. Selain memberikan dimensi pada ruangan, memasang ambalan pada dinding kamar juga bisa membantu anda mengorganisir barang-barang hobi yang anda miliki seperti misalnya buku, action figure, koleksi vinyl, hingga botol-botol parfum kesukaan anda.

Komposisi penataan bisa menggunakan banyak cara, misalnya menggunakan rak, mentanya di atas meja atau menggunakan ambalan. Pilihlah cara yang paling tepat serta sesuai dengan cara anda dalam berbenah, juga kondisi. Apabila ruangan anda mudah berdebu karena lokasi ruangan yang berdekatan dengan jalan raya maka pastikan barang-barang hobi tidak ditata bertumpuk melainkan harus ada space antara barang satu dan yang lainnya agar mempermudah dalam proses membersihkan dan berbenah.

6. Menata Barang-barang Hobi

via: home and decor

Barang-barang hobi juga bisa ditata dengan sedemikian rupa salah satunya dengan menggunakan ambalan. Menata barang-barang hobi ini akan menjadikan ruangan anda sangat berkarakter karena secara langsung merepresentasikan diri anda sebagai pemilik ruangan. Dengan melakukan penataan yang apik yang berkonsep pada barang-barang hobi yang anda miliki maka budget untuk dekorasi ruangan bisa ditekan karena dengan menata barang hobi anda tidak perlu memikirkan dekorasi lainnya untuk mempercantik ruangan kamar tidur pribadi anda.

Kesan anda akan sangat terasa dan akan menjadikan anda lebih betah untuk menghabiskan waktu dan beraktifitas di kamar tidur.

7. Kaca Sudut

via: pinterest

Kaca sudut bisa menjadi pilihan sebagai elemen yang ditempatkan di ruang tidur, selain fungsinya untuk membantu anda mematut diri. Kaca juga bisa menjadi dekorasi yang tepat dan memberikan efek luas pada ruangan anda. Kaca sudut ini memiliki beragam bentuk dan desain yang tentunya bisa anda pilih sesuai dengan selera anda.

 

Itulah beberapa tips dari SARAE Interior design tentang cara menata kamar tidur agar tetap nyaman namun juga memiliki tampilan yang maksimal. Silakan jika bermanfaat anda bisa mengaplikasikannya pada kamar tidur pribadi anda. Jika anda masih mengalami kesulitan dalam melakukan penataan pada kamar tidur anda, anda bisa berkonsultasi dengan bantuan ahli dari kami agar lebih mudah mewujudkan kamar tidur yang nyaman dan estetik, serta tentunya menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. Klik di sini untuk mengetahui kontak team SARAE Interior Design.

Selamat melakukan eksplorasi dengan kamar tidur anda, semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat dan insight dalam menata interior hunian. Yuk, sama-sama memulai menata interior dari yang terkecil, salah satunya dari menata kamar tidur!


<< Kembali ke blog


KATEGORI