<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

Berbagai Pilihan Finishing Dinding yang Sesuai dengan Trend Interior 2019


oleh Admin pada 02 April 2019

pada : wall, dinding

Berbagai Pilihan Finishing Dinding yang Sesuai dengan Trend Interior 2019 | SARAÈ Blog
via: reliefwalls

 

"Be faithful to your own taste, because nothing you really like is ever out of style."

Billy Baldwin, American interior decorator

 

Dinding menjadi salah satu bagian yang paling krusial pada interior, hal ini karena dinding menjadi bagian yang paling mendominasi ruangan. Oleh karena itu treatment pada dinding juga harus memperoleh perhatian ekstra. Sebelum memilih material apa yang pas untuk menjadi bahan untuk finishing dinding kita memerlukan pengecekan pada bagian dinding di antaranya:

  1. Kelembapan, hal ini perlu diperhatikan dengan baik, karena apabila tingkat humidity dari dinding berlebihan maka akan kurang baik untuk melakukan finishing dengan tampilan maksimal. Dinding yang memiliki tingkat humidity yang tinggi akan mudah ditumbuhi jamur dan mengganggu tampilan ruangan.

  2. Acian pada dinding yang merata, hal ini juga penting untuk dilakukan pengecekan. Sebelum melakukan finishing pada dinding struktur acian juga perlu diperhatikan. Strukturnya harus bebas dari retak rambut, bagian yang menonjol maupun berlubang.

Apabila dua hal tersebut sudah memenuhi syarat, maka anda bisa masuk pada tahap selanjutnya di mana anda bisa mulai memilih material finishing apa yang kira-kira cocok. Lalu apa saja ya pilihan material untuk finishing dinding? Yuk kita simak daftarnya di bawah ini:

 

“Saat cat tembok mulai terasa membosankan, masih tersedia material jenis lain yang juga layak dijadikan pilihan untuk melengkapi interior. Karena dinding adalah hal yang paling mendominasi keberadaan ruangan.”

SARAE Interior Design

 

1. Semen Ekspos/Plastered

via: berger paints

Dinding dengan material semen ekspos sangat cocok untuk anda yang menginginkan kesan industrial pada ruangan sekaligus menginginkan budget interior yang terbatas, menggunakan Semen Ekspos juga mengurangi sisi kekakuan dari suatu ruangan. Namun dengan begini kesan nyaman dan friendly pada ruangan pun akan lebih terbentuk, tentunya apabila elemen lainnya juga mendukung, ya.

Semen Ekpos yang bersifat netral membuat anda bebas berekspresi pada dinding interior, misalnya dengan menggantungkan beberapa artwork maupun karya fotografi favorit anda.

 

2. Wallpaper dengan Motif Geometris

via: heartapps

Wallpaper sangat cocok untuk anda yang berjiwa dinamis dan senang bereksplorasi, apalagi untuk anda yang mudah bosan dengan tampilan interior. Hal ini karena dengan memilih Wallpaper maka maintenance pada dinding pun cenderung sederhana, harganya pun lebih murah dan mudah untuk diganti kapan saja anda merasa bosan. Untuk trend pada 2019 ini motif geometris pada wallpaper sangat cocok dijadikan pilihan, motifnya yang simpel namun tetap berkarakter menjadi kunci wallpaper motif ini banyak digemari banyak orang.

Lebih jauh tentang trend Wallpaper 2019, klik di sini. Pelajari lebih jauh tentang mengapa Wallpaper jauh lebih ekonomis bisa dipelajari di sini.

 

3. Mural Dinding

via: e-glue

Mural Dinding menjadi opsi yang pas bagi anda yang berjiwa artsy dan menyukai unsur-unsur seni pada interior ruangan anda. Dengan memilih mural sebagai pelengkap pada dinding maka anda tidak perlu repot lagi menggantungkan figura yang berisi karya seni karena keberadaan Mural pada Dinding sudah lebih dari cukup untuk menciptakan ruangan yang menarik dari segi interior. Mural sangat cocok untuk kamar anak-anak karena terkesan ceria dan penuh warna tentunya.

 

4. Stucco

via: fossilcoteblog

via: textures

contoh tekstur Stucco pada dinding

Stucco ini merupakan salah satu jenis cat yang biasa dikenal dengan Cat Kamprot. Cat jenis ini pada umumnya membuat tampilan akhirnya bertekstur agak kasar dibanding cat biasa yang pada umumnya beredar di pasaran. Namun uniknya, apabila bagian dinding yang diaplikasikan Stucco maka akan menimbulkan efek bayangan dengan bentuk yang menarik.

 

5. Bata Ekpos

via: homestratosphere

via: pinterest

Bata Ekpos menjadi konsep yang terkesan sangat industrial dan kekinian, material ini menekankan pada batu-bata yang sengaja diaci dan menonjolkan tekstur daripada batu bata pada bangunan. Menjadi menarik karena dengan memilih bata ekspos sebagai konsep untuk dinding interior maka budget yang harus anda keluarkan untuk finishing dinding pun bisa ditekan. Lebih hemat dan tentunya tetap kekinian secara tampilan.

Namun yang perlu anda perhatikan ketika memilih konsep Bata Ekpos untuk interior maka pencahayaan ruangan pun harus optimum, karena apabila unsur pencahayaan ruangan sangat minim maka akan membuat ruangan tampak usang dan terasa gelap. Tidak baik untuk segi estetika interior.

Ada juga Bata Ekspos Putih, klik di sini untuk mempelajari lebih jauh.

 

6. Tiles

via: tilefair

Tiles merupakan material yang berbahan dasar keramik, pada umumnya penerapan material tiles ini adalah pada bagian interior yang rentan terkena cairan seperti pada dinding dapur, washtafel dan kamar mandi. Dengan menggunakan tiles maka anda akan dengan mudah membersihkan bagian interior apabila terkena cairan.

 

7. Kayu

via: chironerd

Memilih material kayu pada dinding juga bisa dijadikan sebuah alternatif apabila ingin menekankan kesan yang hangat pada ruangan. Umumnya material kayu ini sudah dibuat menjadi panel-panel dengan beragam bentuk yang bisa di-install pada dinding ruangan. Namun yang perlu diperhatikan adalah apabila memutuskan menggunakan elemen kayu pada dinding adalah perawatannya, secara berkala anda harus menjadwalkan untuk re-touch dan memoles dengan bahan yang anti rayap untuk membuat tampilannya maksimal.

 

Trend Interior pada dinding di tahun 2019 ini cenderung tidak terlalu berubah dari trend yang beredar pada tahun-tahun sebelumnya. Anda hanya tinggal pintar-pintar memadu-padankan antara elemen dinding dengan elemen lainnya yang ada pada interior agar menghasilkan tampilan yang saling mendukung baik dari segi estetika dan kenyamanan.

Bagaimana, apakah sudah memutuskan jenis material apa yang paling cocok untuk dijadikan pilihan untuk finishing pada dinding pada interior anda? Selamat bereksplorasi dengan dinding interior anda!

 

"The essence of interior design will always be about people and how they live. It is about the realities of what makes for an attractive, civilized, meaningful environment, not about fashion or what's in or what's out.”

Albert Hadley, American interior designer and decorator.


<< Kembali ke blog


KATEGORI