<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

9 Elemen Dekorasi pada Interior Minimalis


oleh Mirdha pada 28 March 2019

pada : minimalist, decoration

9 Elemen Dekorasi pada Interior Minimalis | SARAÈ Blog

“Make it simple, but significant.”

–Don Drape, Designer

 

Mendekorasi ruangan dengan desain minimalis adalah tantangan tersendiri bagi siapa pun, karena ruangan dengan interior minimalis harus memperhatikan aspek-aspek tertentu, di mana ruangan tidak terkesan ‘penuh’ dan justru menonjolkan sisi simplicity namun tetap eye-catching.

Pada dasarnya, interior minimalis ini mengutamakan asas balance pada ruangan. Di mana segala elemen yang hadir di suatu ruangan tidak boleh tumpang tindih, atau secara sederhana hanya menghadirkan elemen-elemen yang memiliki nilai guna. Tidak hanya memperhatikan keberadaan benda-benda pada ruangan namun interior minimalis ini juga menekankan pada aspek lain, seperti: 1) sirkulasi udara yang baik sehingga ruangan terasa segar dan tidak pengap, 2) pencahayaan yang baik agar ruangan terasa luas dan nyaman untuk mengakomodasi berbagai aktifitas, 3) kebersihan, pada ruangan dengan desain minimalis yang hanya berfokus pada sedikit barang dan didominasi olehwarna terang maka debu-debu akan mudah terekspos, sehingga sebisa mungkin sisi kebersihan menjadi aspek utama yang senantiasa harus diperhatikan pada ruangan dengan desain minimalis.

Lebih jauh mengenai apa saja yang mesti ada pada ruangan dengan desain minimalis, silakan membaca artikel berikut 8 Elemen Penting Pada Hunian Dengan Desain Minimalis.

 

1. Lampu Gantung

via: gessato

via: shopify

Lampu gantung dan lampu duduk kini sudah tersedia dengan beragam desain unik serta warna yang menarik. Menaruh elemen seperti lampu gantung sangat disarankan untuk ruangan dengan desain minimalis.

Dengan menaruh lampu gantung pada ceiling maka akan mengesankan efek yang tidak monoton pada ruangan. Anda bisa memilih lampu gantung dengan warna yang cerah seperti kuning mustard, oranye atau merah muda apabila ruangan anda didominasi oleh warna putih. Selain lampu gantung, lampu duduk juga bisa dijadikan opsi untuk menjadi pemanis ruangan, umumnya lampu duduk ini ditaruh di lantai.

 

2. Artwork

via: cdn home

Agar dinding pada ruangan tidak tampak kosong dan terasa membosankan maka menggantung artwork atau hiasan dinding berupa lukisan dan foto bisa dijadikan opsi untuk menghadirkan tampilan ruangan yang lebih menarik lagi. Namun ingat, jangan sampai artwork yang dipasang pada dinding membuat dinding terasa penuh, penempatan artwork juga harus seimbang menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Apabila ruangan yang anda miliki tidak terlalu luas atau sempit maka pilihlah artwork yang berukuran kecil saja, sebaliknya apabila ruangan anda cukup luas anda bisa menyimpan arwork yang berukuran agak besar atau mengkombinasikan beberapa artwork di dinding.

via: ali cdn

Artwork akan dengan mudah merubah mood pada ruangan, anda tinggal menyesuaikan jenis artwork apakah yang kira-kira cocok sesuai dengan selera anda.

 

3. Cushion

via: thespruce

Cushion atau bantal-bantal yang pada umumnya menjadi pelengkap sofa juga bisa menjadi dekorasi yang juga fungsional. Pemilihan motif dan kombinasi warna menjadi kunci agar cushion-cushion yang ditata sedemikian rupa di atas sofa bisa menjadi dekorasi yang terasa menarik. Kini motif cushion sudah sangat variatif, mulai dari bermotif geometris, abstrak, hingga floral dan masih banyak lagi motif-motif unik lainnya untuk menjadi pelengkap anda saat bersantai di sofa kesayangan.

 

4. Ambalan

via: cdn

Sebagai pelengkap untuk dinding agar tidak terasa kosong ambalan atau floating shelves juga bisa dipilih. Selain karena bentuknya yang unik dan tetap menekankan sisi simplicity, tentu saja ambalan yang dipasang pada dinding juga sangat fungsional. Anda bisa menaruh buku-buku favorit anda, foto-foto keluarga hingga perkakas dan bumbu dapur. Dengan memasang ambalan pada dinding ruangan maka interior akan tampak lebih berdimensi.

 

5. Tanaman Hidup

via: theblockshop

Dengan memilih tanaman hidup sebagai elemen pada interior maka tidak hanya kesan fresh dari ruangan yang akan anda rasakan, melainkan juga udara yang lebih bersih juga akan senantiasa ada di ruangan anda. Apabila memutuskan memilih tanaman sebagai dekorasi untuk ruangan maka yang harus diperhatikan adalah pilihlah tanaman dengan perawatan yang mudah, dan sesekali tanaman di dalam ruangan pun harus terkena sinar matahari.

Tanaman bisa ditaruh pada pot-pot dengan bentuk yang unik, pada botol kaca tembus pandang, digantung pada ceiling, tinggal menyesuaikan dengan preferensi anda. Perawatan terhadap tanaman juga harus diutamakan, ya! Agar kesehatan tanaman tetap terjaga dan tidak mati karena rendahnya maintenance.

 

6. Karpet

via: ruckstuhl

Karpet bisa menjadi melengkap untuk area flooring, memilih karpet dengan motif-motif unik bisa dijadikan opsi agar ruangan dengan desain minimalis tidak terasa membosankan. Selain sebagai dekorasi, ruangan yang digelar karpet juga bisa dijadikan area bersantai. Kini sudah tersedia kapet-karpet tebal yang sangat nyaman untuk dipakai bersantai, tapi ingat lho… kebersihan karpet harus sangat diperhatikan karena rentan menjadi sarang debu dan serangga kecil ruangan. Melakukan vacuum seminggu sekali pada karpet bisa dilakukan agar kebersihannya tetap terjaga.

 

7. Barang-barang Hobi

via: istockphoto

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda, ada yang menyukai membaca kemudian mengoleksi buku, ada yang senang dengan kerajinan keramik lalu mengoleksi berbagai karya dari keramik dari mulai mug sampai mangkok, ada yang menyenangi action figure lalu mengumpulkan berbagai tokoh yang dirasa menarik, dan tentu masih banyak lagi hobi-hobi yang melibatkan barang-barang untuk dikoleksi. Semestinya barang-barang hobi ini perlu diperhatikan lebih daripada sekedar dikoleksi, anda harus memikirkan konsep penataan yang baik agar barang hobi tidak dibiarkan menumpuk melainkan bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari dekorasi interior ruangan anda.

Penataan barang hobi ini juga akan dengan mudah memunculkan karakter ruangan yang kuat dan khas dibandingkan dengan mengandalkan dekorasi jenis lain untuk ditata di ruangan. Barang-barang hobi anda pun akan memiliki tempat spesial atau spot khusus di ruangan, sehingga value-nya pun meningkat.

 

8. Jam Dinding

via: decoist

Satu lagi pelengkap interior dinding, yaitu jam dinding. Kini ada berbagai tipe jam dinding yang sangat unik, dari mulai desain klasik, berbentuk hewan pun ada. Dari ukuran jam dinding yang kecil maupun besar. Material kayu, bahan aklirik dan lainnya pun sangat beragam. Anda bisa menempatkan jam dinding berbentuk unik ini di ruangan untuk memberikan kesan yang berbeda dari interior minimalis.

 

9. Coffee Table

via: mocka

Coffee Table merupakan elemen yang tidak kalah penting untuk menjadi salah satu furniture yang perlu dihadirkan pada ruangan dengan desain minimalis. Bentuknya yang unik dan bersesuaian dengan konsep simplicity juga akan menjadi ruangan tampak berbeda, terlebih lagi apabila ada tanaman yang di tempatkan di atasnya. Coffee Table  ini juga bisa difungsikan sebagai tempat menaruh kotak tisu, cemilan, remote televisi, dan benda lainnya sesuai kebutuhan anda.

Tapi ada yang perlu dicatat, dari ke 9 elemen di atas tidak mesti semuanya hadir pada ruangan dengan desain minimalis. 9 daftar di atas merupakan opsi yang bisa dipilih sehingga aplikasinya sangat tergantung dengan kebutuhan anda. Ingat, utamakan simplicity dan konsep less is more, ya sebelum terburu-buru membeli berbagai barang pelengkap interior. Selamat bereksplorasi!

 

“Ruangan akan tampak outstanding bukan karena banyaknya barang di dalamnya, melainkan karena adanya keseimbangan dan keselarasan konsep.”

-SARAE Interior Design


<< Kembali ke blog


KATEGORI