<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

8 Tips Menata Rumah dengan Konsep dan Gaya Interior Rumah Minimalis


oleh Mirdha pada 23 March 2019

pada : gaya interior, konsep interior, rumah minimalis

8 Tips Menata Rumah dengan Konsep dan Gaya Interior Rumah Minimalis | SARAÈ Blog

Beberapa orang dan mungkin termasuk Anda juga pasti memiliki keinginan untuk menata rumah sesuai keinginan. Namun terkadang, ada saja kendala yang membuat ragu dan bingung bagaimana harus menata rumah yang tepat. Misalnya saja karena type rumah yang tidak terlalu besar.

Nah, bila masalahnya memang karena ukuran, Anda sebenarnya tak perlu merasa khawatir! Sekarang ini sudah banyak kok insipirasi konsep dan gaya interior untuk rumah minimalis.

Rumah minimalis biasanya identik dengan kesan bersih dan space ruangan yang luas. Sementara untuk model furniturenya juga memiliki kesan sederhana namun masih terlihat elegan. Konsep ini cukup disenangi oleh banyak orang.

Kalau Anda ingin mengaplikasikan konsep dan gaya interior rumah minimalis juga, yuk simak terlebih dahulu 8 tips berikut ini!

1. Manipulasi Ruangan dengan Warna

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memanipulasi luas rumah dengan warna. Anda tak perlu merasa khawatir dengan ukuran rumah yang tidak terlalu besar. Pemilihan warna yang tepat bisa membantu Anda memberikan kesan luas pada rumah.

Pilihlah warna terang seperti putih. Ini merupakan pilihan warna terbaik. Tidak hanya kesan luas saja yang didapatkan, tampilan rumah Anda juga bisa terlihat lebih sederhana ala skandinavian, natural dan penuh gaya.

Bahkan Anda bisa lebih mudah menyesuaikan dengan interior rumah. Ciptakan kesan luas tanpa mengurangi estetika rumah Anda sendiri!

2. Manfaatkan Sudut Ruangan dengan Storage Lebih Kreatif

Nah kalau sudah memilih warna, selanjutnya adalah pilihlah storage yang lebih kreatif! Gambar berikut bisa menjadi inspirasi Anda.

konsep dan gaya interior storage kreatif

Tangga rumah juga ternyata bisa Anda fungsikan sebagai tempat penyimpanan loh. Sudah banyak inspirasi storage kreatif yang bisa Anda dapatkan. Pemilihan storage seperti ini,  bisa memudahkan untuk mengatur sudut ruangan dengan lebih apik.

Menatanya sedemikian rupa dan tidak menghabiskan space terlalu berlebihan yang malah bisa membuat ruang terlihat sempit. Maksimalkan tiap sudut dengan kreatif, ini merupakan inti dari konsep dan gaya interior rumah minimalis.

Rumah modern dengan type ukuran minimalis bila ditata dengan konsep tepat tidak akan kalah nyaman dengan rumah type lebih besar bergaya mewah klasik.

Anda juga bisa lebih menghemat uang dengan cara meng-hack furniture yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan. Yuk, investasikan model perabotan Anda agar bisa lebih serbaguna alias multifungsi!

3. Pilih Interior dengan Bentuk Geometris

Pemilihan bentuk interior pun sangat berpengaruh pada konsep dan gaya interior rumah minimalis. Pilihlah yang memiliki bentuk geometrik. Apalagi bila Anda mengaplikasikannya pada desain interior rumah yang berulang. Atmosfer berbeda serta tidak monoton bisa Anda rasakan.

Coba untuk mengakali dengan penggunaan bentuk yang sudah dimodifikasi, maka secara visual pun akan terlihat lebih dinamis.

4. Maksimalkan Area Dinding Rumah

Selanjutnya adalah area dinding rumah. Jangan biarkan kosong dan membuat Anda harus banyak penyimpanan barang di ruang lantai. Maksimalkan area dinding, bisa dengan cara membuat rak atau tempat penyimpanan lebih inovatif.

rak dinding

Dengan begitu Anda bisa mengurangi kebutuhan space berlebihan, seperti gambar di atas.

5. Buat Tampilan Visual yang Bisa Saling Melengkapi

Bukan hanya pasangan kekasih saja yang harus saling melengkapi. Tapi konsep dan gaya interior rumah minimalis juga harus bisa saling melengkapi alias memiliki potongan yang sama.

Jangan sampai secara visual malah terlihat berantakan karena terlalu banyak variasi. Manfaatkan layer yang indah dengan satu set warna plus menggunakan elemen dekoratif yang serupa, senada atau sama. Itu akan memberikan tampilan lebih bersih dan terlihat melekat satu sama lainnya.

6. Bring Outdoor Inside

Agar lebih senada, Anda bisa memberikan aksen pada suasana kontras ruangan yang berwarna putih.

bring outdoor inside

Cobalah untuk sedikit membawa nuansa alami ke dalam ruangan. Warna yang lebih alami dengan penambahan tanaman dapat memberikan view berbeda, namun tetap senada dan menyejukkan mata.

7. Pilihlah Lemari yang Tepat dan Jangan Membuatnya Berantakan

Nah, poin ini sebenarnya berhubungan dengan kebiasaan Anda. Bila Anda malas untuk membersihkan ruangan termasuk lemari pakaian, itu malah akan membuat rumah minimalis terlihat sumpek dan berantakan. Untuk menyempurnakan kesan minimalis, Anda juga sebaiknya bisa mengimbangi dengan gaya hidup yang tidak berantakan. Bersihkan lemari pakaian, hindari menumpuk pakaian yang tidak terpakai.

lemari pakaian

Pilihlah lemari yang memang cocok untuk Anda. Misal, bila Anda seorang pekerja akan lebih baik menempatkan lemari dengan space gantungan lebih banyak. Dengan begitu Anda juga lebih mudah dalam memilih pakaian.

8. Ruang Terbuka untuk Rumah Minimalis

Membuat konsep terbuka pada ruangan di rumah Anda juga sangat bisa membantu desain minimalis makin maksimal. Rumah akan terasa lebih hidup dan terhubung satu sama lainnya.

ruang terbuka

Itulah 8 tips menata rumah dengan konsep dan gaya interior rumah minimalis. Bagaimana, sudah mendapatkan insight untuk konsep rumah Anda? Kalau sudah, yuk coba aplikasikan sekarang juga!


<< Kembali ke blog


KATEGORI