<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Membuat Kitchen Set Minimalis


oleh Admin pada 11 August 2019

pada : kitchen minimalist, dapur minimalis, interior bandung, custome furniture

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Membuat Kitchen Set Minimalis | SARAÈ Blog

Apakah kamu berencana membuat kitchen set minimalis untuk dapur di rumah? Kalau iya, sebaiknya kamu simak terlebih dahulu 5 tips yang sangat perlu dilakukan sebelum kamu membuat kitchen set. Simak yuk!

1. Menghitung Luas Ruangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan ruangan mana yang akan diisi oleh kitchen set dan menghitung berapa luas ruangannya. Denga menghitung luas ruangan, kamu bisa mengetahui apa saja sih yang penting dan tidak penting untuk diterapkan pada kitchen set mu nantinya. 

Misal kalau kamu tinggal di apartemen maka luas dapur biasanya tidak terlalu luas. Sehingga dengan mengetahui ukuran, kamu bisa mulai mempertimbangkan skala perioritas. Untuk ruangan kecil akan lebih baik mendahulukan kelengkapan utama seperti kabinet atas, bawah, penghisap asa, kompor dan sink atau tempat pencuci pring.

2. Mau Menggunakan Material Apa?

Selanjutnya adalah menentukan material. Tentu kamu juga tak bisa sembarangan ya. Pilihlah material yang memang cocok digunakan sebagai kitchen set. Nah, untuk yang satu ini Sarae sarankan sih pakai plywood, karena selain tahan raya, material ini juga lebih padat sehingga bisa kuat dan tahan lama saat pemasangan sekrupnya.

3. Finishing Kitchen Set

Selain membuat kitchen set jadi lebih indah, finishing juga juga dapat melindungi bahan dasar kitchen set dari kerusakan sehingga lebih tahan lama. Material untuk finishing ada berbagai macam, misalnya deco sheet, HPL, melamic dan duco. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya.

Deco sheet merupakan pelapis tempel dengan bahan elastis dan tipis, biasanya memiliki motif urat kayu. Ini merupakan material paling ideal untuk kitchen set dapur bersih yang jarang digunakan untuk memasak makanan berat. Bahannya fleksibel dan bisa menyesuaikan bentuk kitchen set dan tidak mudah terkelupas. Tapi karena bahannya tipis, decosheet tidak tahan terhadap panas dan minyak, jadi lebih cocok sebagai pelapis kabinet atas.

HPL atau high pressure laminate adalah bahan plastik tipis. Cara pemasangannya lebih kurang sama dengan deco sheet, yaitu direkatkan menggunakan lem tapi bahannya lebih tebal. HPL juga banyak digunakan untuk material finishing kitchen set, karena sangat mudah dibersihkan dan tahan terhadap minyak dan panas. 

Melamic merupakan finishing berbentuk cairan yang disemprot sebagai pelapis luar furnitur. Jenis finishing ini memerlukan perawatan ekstra, jangan sampai permukaannya basah atau jarang dibersihkan karena bisa jadi tempat jamur berkembang biak. Pilihan lainnya adalah cat duco, merupakan tipe finishing yang paling mahal namun bisa membuat kitchen set tampak elegan dan hasilnya tahan lama. Cat duco hadir dalam bermacam efek seperti glossy atau doff.

Jadi, kamu mau pilih yang mana? :)

4. Membuat Desain Kitchen Set

Soal pemilihan desain, jangan tergoda untuk membuat kitchen set dengan desain yang unik atau terlalu rumit. Dalam menentukan desain, kamu harus tetap fokus pada kebutuhan akan kitchen set. Sekarang ini sangat banyak desain yang inovatif untuk kitchen set, tapi kadang desain tersebut tidak bisa mengakomodasi kebutuhanmu.

Maka dari itu, sebelum menentukan tampilan, pastikan dulu seberapa luas dapurmu, peralatan yang akan dipakai, aktivitas apa saja yang akan dilakukan di dapur dan sebagainya. Penting juga untuk memikirkan kesesuaian desain kitchen set dengan keseluruhan tampilan rumah. 

5. Pilih Jasa Ahli yang Bisa Membuat Kitchen Set Sesuai Keinginanmu!

Dan yang terakhir adalah memilih jasa ahli yang bisa membuat kitchen set sesuai keinginanmu! Bila ingin membuat kitchen set minimalis, konsultasikan terlebih dahulu mengenai kesanggupan jasa ahli yang hendak kamu pilih. Nah, Sarae Interior memberikan fasilitas konsultasi gratis bagi kamu yang ingin membuat kitchen set sesuai keinginan. Kamu bisa coba berkonsultasi pada Sarae terlebih dahulu sebelum memutuskan membuat kitchen set.

Itulah 5 hal yang perlu dilakukan sebelum membuat kitchen set minimalis! Kalau sudah tau, sekarang tinggal coba kamu terapkan saja yuk!


<< Kembali ke blog


KATEGORI