<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

5 Cara Merawat Furniture Kayu di Rumah


oleh Nabilah pada 10 May 2019

pada : , furniture kayu, interior design, interior bandung, desain interior

5 Cara Merawat Furniture Kayu di Rumah | SARAÈ Blog

 

Apakah Anda salah satu orang yang menyukai furniture kayu? Bahkan berpikir untuk mulai berinvestasi pada seperangkat furniture kayu berkualitas? Namun, Anda merasa khawatir dengan kebersihannya?

Bila Anda tidak pernah membersihkan furniture kayu dengan teratur, seiring berjalannya waktu kotoran akan makin menumpuk. Minyak dan debu pun bisa terus muncul, bahkan meninggalkan noda yang membandel sampai merusak tampilan furniture secara visual.

Untuk menjaga furnitur Anda terlihat selalu bersih, Anda perlu melakukan pembersihan mendalam secara berkala. Pembersihan pun dilakukan untuk bantu memperpanjang umur furnitur Anda. Nah, berikut ini sarae akan 5 cara merawat furniture kayu di rumah Anda.

1. Membersihkan Furniture Kayu dari Noda Air

Bekas air atau noda air sering disebabkan oleh minuman dingin, tumpahan atau piring panas yang disimpan langsung di atas kayu. Untungnya, meskipun menyebalkan, mereka tidak selalu menghasilkan bekas yang permanen.

Untuk membersihkan noda air ini, Anda perlu mengidentifikasi apakah bekas noda air berwarna putih, coklat tua atau warna hitam. Warna noda akan menentukan betapa mudahnya merawat juga dengan metode apa noda tersebut dapat dibersihkan.

Cara terampuh untuk menghilangkan noda air adalah dengan menempelkan beberapa pasta gigi non-gel di daerah yang terkena noda dan gosok dengan kain lembut sampai noda terangkat. Untuk noda membandel, aduk rata baking soda dan pasta gigi. Usap campuran ini dengan kain lembab bersih dan keringkan.

Untuk menghilangkan noda ringan yang Anda butuhkan hanyalah dengan menyetrikanya. Cara sederhana untuk menangani watermark ringan adalah dengan menempelkannya ke panas dengan sedikit tekanan yang lembut. Untuk ini Anda memerlukan setrika listrik dan kain polos dan tidak kasar.

Berikut adalah langkah cara membersihkannya:

  • Dengan setrika disetel ke tingkat panas terendah, tempelkan kain di area yang bernoda. Pastikan setrika disetel ke mode uap dan jangan sampai Anda membuat lebih banyak noda yang terbuat dari kelembaban dan panas.
  • Selanjutnya, dengan lembut jalankan setrika hangat di atas kain yang memastikan bergerak ke arah yang sama dengan gerakan yang sama.
  • Angkat kain untuk diperiksa secara berkala untuk mengetahui apakah Anda telah mendapatkan kemajuan dengan semakin bersihnya bekas noda, kira-kira setiap lima detik sekali. Setelah selesai bersihkan mebel kayu dengan kain atau tisu untuk menghilangkan kelembaban.

Tidak terlalu susah bukan? coba yuk!

2. Cara Membersihkan Furniture Kayu dari Debu

Gunakan vakum dan sikat untuk membersihkan debu dari permukaan dan lekukan mebel Anda. Jangan pernah gunakan tambahan bantalan kasar sebagai pelapis. Anda akan menciptakan goresan yang mungkin tidak bisa diperbaiki.

Tidak ada gunanya meletakkan barang kotor di sekitar furnitur kesayangan Anda. Jika Anda benar-benar tidak ingin menggunakan vacuum cleaner Anda (karena terlalu berat dan merepotkan), Anda bisa dengan perlahan membasahi kain dan dengan lembut menyeka kayu untuk mengambil dan membersihkan debu.

Jangan gunakan semprotan pembersih kimia kecuali furnitur Anda memiliki lapisan plastik, seperti jenis yang digunakan pada meja dapur dan perabotan anak-anak.

Anda biasanya menghindari pembersihan kayu dengan air. Namun, noda yang terlampau lengket mungkin perlu dihilangkan dengan sabun dan air. Begini caranya: celupkan kain ke dalam sabun pembersih biasa atau deterjen yang dilarutkan dalam air, lalu peras kain hingga hampir kering dan bersihkan area itu. Bilas dan segera keringkan furnitur kayu Anda dengan lap bersih dan lembut.

3. Cara Menghilangkan Bekas Polesan dari Furniture Kayu

Untuk membersihkan bekas polesan yang menjadi noda dan sulit dihilangkan, Anda memerlukan beberapa alat dan bahan yaitu kain bersih yang sudah tidak terpakai, sapu atau vacuum cleaner, cuka putih, air, kantung teh dan tepung maizena.

Berikut adalah langkah cara membersihkannya:

  • Taburi beberapa tepung maizena di atas area tersebut. Biarkan tepung maizena sekitar 10 menit untuk menyerap noda, lalu gunakan kain kering untuk membersihkan area tersebut. Sapu atau vakum bubuknya.
  • Campurkan air dan cuka putih dalam jumlah yang sama. Lap dengan kain kering sesudahnya untuk menghilangkan kelebihan cairan.
  • Karena kebanyakan pemoles furnitur berbasis minyak, cairan pembersih minyak bisa bekerja dengan baik untuk menghilangkan bekasnya. Kombinasikan beberapa cairan pencuci piring dalam air untuk membuat busa, ambil sedikit dari permukaan air dengan kain dan bersihkan busa ke area yang dipoles. Terus cuci permukaan dengan air bersih sampai catnya hilang. Usap daerah dengan kain kering untuk menghilangkan sisanya.
  • Buatlah satu liter air mendidih dan tambahkan dua kantong teh Lipton biasa. Biarkan tehnya dingin, lalu rendam kain dengan tehnya, peras kainnya sampai bersih sehingga tidak meneteskan air, dan gunakan kain lembab untuk menyeka cat mebel. Usap daerah dengan kain kering untuk membersihkan mebel Anda.

4. Cara Menghilangkan Noda Membandel dari Furniture Kayu

Bekas sidik jari pada furnitur kayu-mebel kayu bisa sangat sulit dihilangkan, meski dengan polishing. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk membersihkan noda membandel yang menempel di mebel Anda dengan menggunakan produk yang ada di sekitar rumah Anda.

Beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan:

  • Cat kayu
  • Mineral oil
  • Tepung jagung
  •  Kain lembut
  • Ekstrak lemon

Berikut adalah langkah cara membersihkannya:

  •  Mulailah dengan memoles mebel Anda seperti biasa. Poles kayu secara manual bisa dilakukan menggunakan cat buatan sendiri bisa dicampur dengan menyisir satu cangkir mineral oil dengan tiga tetes ekstrak lemon.
  • Oleskan cat ke potongan dengan kain lembut. Ikuti butiran kayu sambil menyeka dengan kain lembut. Menggunakan gerakan melingkar bisa mengakibatkan pusaran di permukaan.
  • Taburi daerah yang baru dipoles dengan tepung jagung.
  • Usap dengan lap kering dan lembut. Tepung jagung akan menghilangkan kelebihan cat dan sidik jari.

5. Cara Membersihkan Noda Minyak pada Furniture Kayu

Cuka adalah pembersih alami yang biasa digunakan untuk membersihkan mebel yang terkena minyak. Campur larutan 50/50 cuka dan air hangat dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan di daerah yang terkena noda, diamkan selama satu atau dua menit kemudian bersihkan dengan kain lembut.

Tambahkan beberapa tetes deterjen pencuci piring cair ke larutan cuka dan air untuk membersihkan mebel yang sangat kotor. Metode apapun yang Anda pilih,sebenarnya langkah dasar cara membersihkan mebel kayu yang terkena minyak adalah sama. Untuk membersihkan noda yang tidak juga hilang Anda bisa mencoba cara dibawah ini.

Berikut adalah langkah cara membersihkannya:

  • Gunakan kain lembut atau spons untuk menyeka bersih bagian luar pintu mebel atau bagian laci. Anda mungkin perlu menggunakan sedikit minyak goreng untuk menghilangkan lemak dan penumpukan kotoran yang parah.
  • Lap dan bersihkan bagian laci dan gagang pintu mebel Anda.
  • Gunakan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam pembersih untuk menggosok perangkat keras, kayu di sekeliling perangkat keras dan celah-celah hiasan.
  •  Gunakan kain atau spons kedua yang dicelupkan ke dalam air bersih untuk melepaskan kotoran dari semua permukaan.
  • Keringkan semua permukaan secara menyeluruh handuk bersih.

Itulah 5 cara merawat furniture kayu di rumah Anda. Cukup mudah untuk dipraktikan bukan? Nah, sekarang Anda  bisa langsung mencobanya sendiri, jangan ditunda-tunda ya, nanti furniture Anda malah makin tidak terawat.


<< Kembali ke blog


KATEGORI