<link rel="alternate" type="text/xml" href="https://sarae.id/en/blog/feed">

10 Konsep Gaya Interior Kekinian dan Mendunia


oleh Nabilah pada 09 March 2019

pada : gaya interior, konsep interior

10 Konsep  Gaya Interior Kekinian dan Mendunia | SARAÈ Blog

Sekarang ini, orang membeli rumah bukan hanya untuk sekedar membeli sebuah bangunan permanen untuk ditinggali saja. Namun nilai kenyamanan dan estetik menjadi hal selanjutnya yang sudah banyak dipertimbangkan. Nah, kenyamanan serta nilai estetik tersebut dapat terwujud dengan pemilihan konsep dan gaya interior yang tepat.

Kalau kamu punya dana yang cukup untuk sewa jasa desainer interior, tentu menentukan desainnya tidak akan sulit. Namun bagaimana bila tidak ingin menggunakan jasa desainer, apakah masih bisa menentukan gaya dan konsepnya sendiri? Tentu saja bisa, kamu hanya perlu memperbanyak referensi dan menerapkan poin-poin utamanya sendiri.

Agar lebih membantu, berikut ini adalah 10 konsep  gaya interior kekinian dan mendunia yang bisa kamu jadikan referensi. Simak yuk!

1.    Konsep dan Gaya Interior Skandinavia

Skandinavia merupakan tren desain interior yang sedang booming di tahun ini. Ini karena gaya interiornya identik dengan kesan bersih dan alami. Pemilihan lantai keramik putih atau kayu juga bisa digunakan, dan dekorasinya tidak terlalu banyak. Pembuatan dan penataan furniture semakin mendukung tampilan desain interior rumah. Di tata dengan rapi, sehingga tidak ada kesan ruangan yang berantakan. Daya tarik dari konsep dan gaya interior skandinavia adalah tata cahaya dan kain throw sebagai dekorasi sofa.

Gaya interior skandinavia

2.    Konsep dan Gaya Interior Rumah Modern

Bila kamu ingin memiliki gaya desain yang lebih minimalis dan modern tentu saja pemilihan desain rumah modern bisa kamu jadikan referensi. Penambahan elemen yang dipakai untuk desain rumah modern tidak jauh berbeda dengan desain rumah minimalis. Namun pada rumah modern, biasanya akan identik dengan furniture yang memanfaatkan material besi serta kaca. Sehingga suasananya pun terasa mengkilap sekaligus modern.

gaya interior modern

3.    Konsep dan Gaya Interior Rumah Tradisional

Senang dengan hal-hal yang berbau tradisional? Terlihat sederhana namun unik? Kamu bisa pilih gaya interior rumah tradisional yang mempunyai gaya khas Eropa serta identik dengan penambahan elemen kayu. Hampir semua bagian rumah dari mulai lantai, tempat duduk, meja, lemari sampai dekorasi terbuat dari kayu.

gaya interior tradisional

Pemakaian elemen kayu nya yang berwarna coklat menciptakan suasana yang terasa alami sekaligus hangat.

4.    Konsep dan Gaya Interior Rumah Vintage

Kesan retro dan vintage juga biasanya digemari oleh beberapa orang. Kalau kamu juga senang dengan konsep tersebut, kamu bisa mengaplikasikannya pada interior rumahmu. Gaya interior vintage didominasi oleh warna lembut seperti pink pastel, putih, kuning mudah atau abu-abu muda. Penambahan bunga dengan ukuran kecil yang diterapkan pada sarung bantal atau pelapis sofa juga kerap mempercantik desain interiornya.

gaya interior rumah vintage

5.    Konsep dan Gaya Interior Rumah Shabby Chic

Shabby Chic juga masuk ke dalam gaya interior vintage, namun akan lebih feminim dan lembut. Warna yang mendominasinya adalah krem, putih dan beberapa warna pastel. Kata shabby sendiri mempunyai arti lusuh. Sehingga tak heran bila kamu akan menemukan furniture dengan gaya yang lusuh pada interior Shabby Chic.

EIts, tapi tenang saja, ada sentuhan lusuh tidak membuat ruangan kamu jadi terlihat aneh kok. Ini sentuhan yang unik dan bisa memberikan kesan berbeda. Beberapa furnitur yang biasanya diterapkan dengan konsep lusuh ini adalah lemari atau meja.

gaya interior industrial

Tahukah Anda? Kalau furniture lusuh tersebut pun tidak jarang memang berasal dari barang-barang bekas namun bisa didaur ulang. Seperti peti kemas kayu yang dialih gunakan jadi meja, atau kaleng jadi pot tanaman.

6.    Konsep dan Gaya Interior Kontemporer

Gaya kontemporer merupakan gaya yang selalu berkembang tiap tahunnya. Sementara itu, di abad ke-21 ini gaya kontemporer lebih memiliki ciri khas kebersihan dengan ruangan yang tidak banyak hiasan. Logam dan kaca juga merupakan material populer yang dipakai. Penambahan detail pada suatu ruangan pun bisa memberikan aksesoris yang lebih cuvy sehingga membuat gaya interiornya sederhana namun tetap ada yang ditonjolkan.

gaya interior kontemporer

7.    Konsep dan Gaya Interior Rumah Bohemian

Kalau kamu memiliki jiwa bebas dan ekspresif, konsep dan dan gaya interior sangatlah cocok. Ciri khas dari gaya bohemian adalah penggunaan karpet dan kain yang mempercantik ruangan. Kamu bisa memadukan gaya desain interiornya dengan banyak motif warna dalam satu ruangan. Misal, bantal warna merah, karpet warna hijau atau 2 jenis sofa dalam satu ruangan, tak masalah.

gaya interior rumah bohemian

8.    Konsep dan Gaya Interior Rumah Industrial

Lingkungan bisa menjadi inspirasi bagi siapapun termasuk dalam dunia desain interior. Terbukti dengan adanya rumah industrial yang mendapatkan inspirasi dari interior gudang industri. Gaya desain ini identik dengan penggunaan lantai beton dan langit-langit baja. Kalau di luar negeri tak jarang orang melakukan renovasi bekas gudang agar bisa mendapat interior industrial yang kental. Sementara untuk penggunaan warna, didominasi oleh abu dan hitam. Furnitur yang digunakan dari metal dan besi.

Baca juga: 3 rekomendasi sumber online untuk menemukan inspirasi interior

gaya interior indusrial

9.    Konsep dan Gaya Interior Minimalis

Bagi masyarakat modern, konsep dan gaya interior minimalis merupakan salah satu yang banyak diminati. Dengan hunian yang tidak terlalu besar, penerapan gaya sederhana namun tetap cantik tentunya menjadi daya tarik. Warna yang digunakan juga adalah warna netral seperti abu, putih dan hitam.

Pembuatan furniturnya mempunyai garis yang bersih dengan bentuk sederhana, seperti bulat dan kotak. Sementara untuk dekorasinya juga tidak terlalu banyak.

10. Gaya dan Konsep Interior Transisi

Dan yang terakhir adalah gaya desain interior transisi. Dimana akan ada perpaduan desain antara modern dan tradisional. Elemen furniture yang dipakai pun adalah furnitur yang berbahan dasar besi atau kaca. Sementara untuk penerapan warnanya adalah warna netral seperti coklat dan putih. Suasana yang hangat sekaligus nyaman akan tercipta dengan desain transisi ini.

gaya interior transisi

Tips Menentukan Konsep dan Gaya Interior Yang  Tepat

Ada banyak pilihan desain interior, namun tentunya Anda tidak bisa mengaplikasikan semua gaya pada satu rumah. Berikut adalah tips menentukan konsep dan gaya interior yang tepat!

  •  Mencari referensi

Pertama, tentu saja mencari referensi desain yang sedang tren atau desain yang sesuai dengan kamu. Perkaya wawasan dengan berbagai macam jenis desain, lihat juga visual gambarnya. Apakah cocok dengan yang kamu inginkan atau tidak.

  • Menyesuaikan dengan tipe rumah

Ada banyak jenis tipe rumah dari mulai 25 sampai 120. Oleh sebab itulah tipe rumah juga memiliki luas yang berbeda. Bila ingin menyesuaikan dengan desain akan lebih baik kamu menyesuaikan juga dengan tipe rumah. Misal, kalau tipe 36 mungkin kamu bisa menerapkan gaya dan konsep desain rumah minimalis.

  •  Konsultasikan dengan jasa desain interior

Untuk poin ini tidak terlalu wajib, namun bisa mempermudah kamu untuk menentukan yang benar-benar cocok dengan rumah. Kamu bisa berkonsultasi pada jasa desain interior untuk pemilihan desainnya.

Oke, itulah konsep gaya interior kekinian dan mendunia yang bisa menjadi referensi kamu dalam mendesain ruangan di dalam rumah. Jadi, bagaimana? Sudah menentukan mana yang paling cocok?


<< Kembali ke blog


KATEGORI