Hindari 10 Kesalahan Memilih Kitchen Set Ini!

kesalahan memilih kitchen set, sarae.id

Dapur menjadi ruangan yang sangat penting untuk setiap rumah, sebagaimana istilah “The heart of the home” ditujukan untuk dapur. Karenanya, penting untuk membuat dapur senyaman mungkin. Kamu perlu menghindari 10 kesalahan memilih kitchen set ini untuk mewujudkan hal tersebut.

Banyak aspek yang perlu kamu perhatikan di kitchen set kamu, dari mulai desain sampai furniture. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini!

A. Lebih Memperhatikan Tampilan daripada Fungsi

Tidak masalah jika kamu lebih memperhatikan tampilan kitchen set, namun kamu juga perlu ingat ada beberapa aspek yang lebih penting dari hanya sekadar aspek keindahan. Contohnya adalah bahan dan fungsi kitchen set.

Pastikan kamu tahu material apa yang memiliki ketahanan kuat untuk area dapur. Misalnya dapur dengan material plywood dan finishing HPL bisa menjaga kualitas dapur lebih lama, seperti yang ditawarkan oleh Sarae Interior. Selain itu, perhatikan kebutuhan kamu terhadap dapur. Pilih alat yang memiliki fungsi sesuai kebutuhan kamu.

B. Ukuran Kitchen Set Tidak Efisien

Secara umum, kitchen set memiliki tiga bagian utama: area memasak, area mempersiapkan makanan, dan area mencuci. Sebagai pelengkap, terdapat area khusus untuk penyimpanan makanan menggunakan lemari pendingin dan lemari dapur.

Karenanya, kamu perlu memperhatikan ukuran kitchen set. Ukuran kitchen set dapat mempengaruhi kegiatan di dapur.

Terapkan prinsip kitchen triangle atau segitiga dapur yang fokus pada penempatan tiga perlengkapan dapur utama—bagian tempat penyimpanan, tempat mencuci, dan tempat memasak—agar meminimalisir pergerakan berlebih saat memasak.

C. Penyimpanan yang Tidak Memadai

Tidak bisa dipungkiri bahwa dapur adalah ruangan yang mempunyai kebutuhan penyimpanan yang banyak. Hal itu disebabkan oleh banyaknya peralatan masak dan bahan makanan yang biasanya ada di dapur.

Ketika kamu memilih kitchen set, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan untuk bagian penyimpanan. Bukan hanya penyimpanan yang memadai, buat ukuran penyimpanan yang beragam sehingga kamu tidak akan bingung ketika harus menyimpan alat dapur berukuran besar.

D. Wilayah Kerja Kitchen Set yang Kurang

Kesalahan memilih kitchen set yang selanjutnya adalah ruang yang terbatas. Penyimpanan memang penting, namun jangan sampai melupakan ruang counter top yang cukup, sebab bagian ini digunakan sebagai area kerja. Pastikan tempat penyimpanan tidak memakan banyak ruang di counter top.

Jika dirasa counter top masih tidak memadai untuk area kerja kamu di dapur, kamu bisa menambahkan kitchen island. Kitchen island yang biasanya ditempatkan berjarak dengan counter top membuat ruang gerak semakin bebas.

E. Pencahaayaan Tidak Memadai

kesalahan memilih kitchen set, sarae.id

Pencahayaan menjadi aspek penting di dapur karena bisa memaksimalkan kegiatan memasak. Usahakan dapur memiliki jendela agar cahaya alami dapat masuk dan sirkulasi udara lancar.

Kamu juga bisa memasang lampu strip pada bagian bawah kabinet atas sehingga area counter top akan mendapatkan cahaya yang maksimal. Selain itu, kamu bisa memasang lampu pada area bawah agar area yang terhalangi rak dinding atau lemari gantung dapat tetap terkena cahaya.

F. Banyak Kabinet Terbuka

Terlalu banyak kabinet terbuka dapat membuat kitchen set kamu terlihat monoton dan kurang rapi. Kombinasikan antara kabinet terbuka dan kabinet tertutup di dapur sehingga dapur terkesan variatif.

Kabinet tertutup dapat membantu kamu menyimpan alat dapur yang tidak terpakai, sehingga dapur akan terlihat lebih rapi. Kabinet terbuka dapat memberikan kesan luas dan dekoratif pada dapur. Karenanya, kombinasi antara kabinet tertutup dan terbuka perlu kamu lakukan.

G. Tidak Memperhatikan Jalur Listrik

Sekarang ini banyak dapur yang mulai membutuhkan tenaga listrik karena peralatannya yang modern. Jika kamu juga menerapkan smart kitchen, penting untuk menyediakan jaringan listrik yang memadai pada kitchen set kamu. Yang paling utama adalah sediakan stop kontak pada beberapa bagian di dapur.

Kamu perlu memastikan kabel tersusun rapi untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan pada area dapur.

H. Tidak Mempertimbangkan Laci

Kesalahan memilih kitchen set yang sering dilakukan banyak orang berikutnya adalah tidak memperhatikan laci. Jika kamu merasa kabinet saja cukup untuk dapur, kamu perlu mempertimbangkan ulang hal tersebut.

Karena faktanya, laci membuat kegiatan memasak di dapur menjadi lebih efektif. Hal ini dikarenakan laci lebih ergonomis daripada kabinet lemari. Kegiatan mengambil dan memasukan barang juga akan menjadi lebih mudah.

Banyaknya rak laci model terbaru untuk peralatan makan dan bumbu masakan akan membuat kamu lebih nyaman ketika memasak. Berbeda dengan kabinet lemari yang akan menghabiskan waktu lebih banyak ketika kamu ingin mengambil atau menyimpan barang.

I. Bahan yang Tidak Tepat

Kegiatan di dapur mengakibatkan kitchen set yang kamu miliki harus terbuat dari bahan yang kuat terhadap air dan panas. Kayu adalah bahan yang kurang kuat terhadap dua hal tersebut. Maka dari itu, tahap finishing kitchen set sangat penting untuk melindungi bahan tersebut.

Alternatif lainnya adalah kamu bisa memilih bahan alumunium untuk kitchen set kamu agar lebih kuat dan tahan lama.

kesalahan memilih kitchen set, sarae.id

J. Area Sudut Tidak Efisien

Kesalahan memilih kitchen set yang terakhir adalah bagian desain sudut kitchen set yang tidak efisien. Kabinet berbentuk L dan U sering digunakan di dapur. Sudut kosong pada bagian kabinet biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang yang jarang dipakai, tapi hal tersebut malah membuat barang sulit dijangkau.

Maka dari itu, kamu membutuhkan sudut kitchen set yang fungsional. Pastikan kitchen set yang kamu miliki dilengkapi fitting dan aksesoris pada kabinet sudut di kitchen set. Hal ini bisa membuat bagian sudut kitchen set lebih efesien.

Itulah 10 kesalahan memilih kitchen set yang perlu kamu hindari. Semoga dengan adanya artikel ini, Sobat Sarae bisa menghindari kesalahan tersebut ya.

Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan konsultan profesional untuk menghindari kesalahan memilih kitchen set. Selamat bereksperimen dengan kitchen set agar terasa lebih nyaman!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis