Familier dengan Ragam Material Backsplash untuk Dapur Anda

, sarae.id

Kata Backsplash memang sudah tidak asing di telinga kita. Terutama saat membicarakan mengenai desain dapur dan interior. Backsplash adalah bagian dinding dari countertop dapur. (artikel mengenai material countertop). Backsplash biasanya dipasang sebagai dinding penghubung kabinet kitchen set dengan meja konter. Backsplash yang merupakan bidang yang menutupi dinding struktur dapur adalah bagian yang tidak kalah penting ddalam desain dapur. Sama seperti meja konter, backsplash juga disarankan untuk menggunakan material yang tahan panas, awet dan juga mudah dibersihkan. Pada prtaktiknya, banyak juga backsplash dan countertop yang menggunakan material yang sama. Selain dengan tujuan keselarasan desain, standard kekuatan dari kedua bagian dapur ini pun hampir mirip. Namun backsplash pada umumnya tidak memiliki tugas seberat meja konter yang artinya memiliki kebebasan pemilihan material yang lebih luas. Berikut adalah beberapa tipe material backsplash yang dapat meningkatkan nilai dan estetika dapur anda.

Granite & Marble

, sarae.id
source: blog.scoutandnimble.com

Kedua material batu natural dengan tekstur, urat dan warna yang cantik ini adalah pilihan yang populer sebagai backsplash dapur. Kedua material ini merupakan material yang memiliki daya tahan yang kuat. Harus diinstal oleh tenaga profesional dan dapat meningkatkan value properti terhadap calon pembeli rumah. Material ini cenderung mahal terutama untuk tipe slab atau bongkahan bidang besar. Warna granite dan marbel juga beragam dengan keunikan urat dan teksturnya walaupun berasal dari jenis batu yang sama. Marble dan granite juga memiliki ketebalan standar yang tidak mudah pecah dan mudah dibersihkan. Namun kedua material ini baiknya dilapis coating pelindung agar lebih awet terutama untuk marble yang memiliki sifat material berpori.

Stainless Steel Plate

, sarae.id
source: susanjablon.com

Stainless steel merupakan material yang juga tidak murah, sebagai backsplash, material ini memberikan tampilan yang maskulin. Cocok bagi gaya interior industrial dan modern. Stainless steel cukup mudah dalam pemasangannya dan perawatannya. Material ini hanya perlu di lap untuk pembersihannya. Walaupun tahan panas, stainless akan mudah rusak atau korosi jika terkena bahan atau cairan kimia.

Recycle Glass

, sarae.id
source: vtrazzo.com

Recycle glass adalah material komposit yang merupakan pecahan atau waste kaca yang didaur ulang. Tampilan material ini pun sangat menarik dan memiliki keunikan tersendiri. Cocok untuk gaya interior modern ataupun semi-klasik. Selain itu, menggunakan material daur ulang adalah tindakan ramah lingkungan dan juga menghemat biaya pembelian material baru. Kaca adalah material yang dapat didaur ulang berulang kali tanpa kehilangan tampilan dan sifat autentiknya.

Kayu

, sarae.id
source: hometreeatlas.com

Bidang lapisan kayu sebagai backsplash bukanlah pilihan yang asing lagi. Terutama untuk gaya interior american style, mid-century dan rustic. Kesan natural dan hangat akan kuat dirasakan jika memilih kayu sebagai material backsplash. Kayu juga cocok disandingkan dengan berbagai material countertop seperti batu, kaca ataupun concrete. Dari segi daya tahan, kayu harus dilapisi atau dicoating untuk melindunginya bersentuhan langsung dengan air ataupun cairan percikan minyak dan lainnya. Selain itu, karena mudah bereaksi dengan api, kayu sebaiknya dipasang dengan jarak yang aman terhadap kompor ataupun sumber api lainnya.

Solid Surface

, sarae.id
source: helsingo.com

Solid surface juga adalah pilihan yang populer sebagai backsplash dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan batu natural. Solid surface memiliki ragam tipe dan desain yang sangat beragam. Solid surface juga memiliki range dari yang terjangkau hingga premium, sehingga dapat kita sesuaikan dengan budget. Solid surface adalah material komposit yang terdiri dari resin / epoxy, akrilik dan pigmen batu. Solid surface dapat dicetak sesuai dengan dimensi yang diinginkan fleksibel terhadap sudut dan lengkung.

Bata Tempel Teracota dan Putih

, sarae.id
source: wayfair.com

Material berikutnya ini adalah pilihan yang banyak digunakan dalam desain industrial dan vintage. Bata tempel biasanya dapat tampil dengan finishing matte ataupun glossy tergantung dari coating paling akhir dan gaya desain yang diinginkan. Kelebihan dari material ini ada fleksibel dalam mengikuti ukuran bidang dinding dapur, mudah dalam pemasangan dan perawatan. Bata tempel biasa dipilih untuk mengejar tampilan bata tanpa harus menggunakan bata ekspos yang sudah pasti lebih sulit maintenancenya.

Keramik

, sarae.id
source: backsplash.com

Keramik juga adalah pilihan yang populer digunakan selain karena sudah umum digunakan, harga yang terjangkau dan desain tekstur dan corak yang beragam, keramik juga mudah pemasangan dan perawatannya. Keramik juga adalah opsi yang memiliki varian harga yang sangat beragams sehingga dapat di cocokan dengan budget anda. Keramik juga memiliki varian desain yang sangat luas, dari model tile kecil hingga besar, bahkan yang hadir dengan  tekstur dan urat selayaknya batu atau kayu.

Setelah mengetahui beberapa tipe material yang umum digunakan sebagai dinding backsplash manakah yang paling cock dengan seleran desain, tema interior rumah dan juga yang terpenting adalah, budget atau anggaran biaya anda? Perbanyak pengetahuan mengenai karakteristik dari tiap material. Kelebihan yang paling pas dengan anda dan kekurangan yang paling dapat dikompromi. Karena tiap material memiliki ciri khas dan plus minus nya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis