Desain Interior Gaya Tropical, Ceria dan Menyenangkan

, sarae.id

Indonesia memiliki iklim tropis dengan kekayaan alam yang melimpah. Karena memiliki banyak  kekayaan alam serta dapat menimbulkan kesan yang hangat dan ceria, kini tropis mulai diterapkan ke dalam berbagai gaya, termasuk dalam penerapan desain interior. Dalam beberapa decade terakhir ini peminat desain interior yang memakai gaya tropical semakin meningkat.

Meski Indonesia memiliki iklim tropis, untuk bisa membawa nuansa tropical ke dalam suatu ruangan membutuhkan beberapa tips yang tepat. Untuk itulah, beberapa tips berikut ini dapat Anda jadikann referensi dalam mendesain ruangan bergaya tropical.

Perhatikan Setiap Detail dari Pola Tropical

, sarae.id

Elemen alam dari iklim tropis dapat Anda jadikan insiprasi dalam mencari pola-pola alam bergaya tropical. Beberapa yang dapat Anda jadikan referensi pola adalah fauna dan flora yang eksotis. Selain pola tersebut, Anda juga dapat mengaplikasikan furnitur dengan lapisan kain yang kaya warna untuk memberikan efek yang cerah dan sentuhan yang hidup ke dalam ruangan bergaya Tropical. Fabrikasi kain dengan pola daun palem dan hewan khas iklim tropis dapat Anda masukkan ke dalam ruangan tersebut.

Selain memasukkan pola kedalam elemen furnitur, Anda juga dapat menerapkan pola bergaya tropical kedalam aksesoris dinding. Wallpaper dinding dengan pola yang besar akan memberikan kesan dramatis dan akan memberikan suasana musim panas yang menawan ke dalam ruangan bergaya Tropical. Jangan ragu untuk memberikan efek pola yang berat seperti pola daun yang lebar dengan warna yang mengundang untuk masuk kedalam ruangan tersebut.

Karena gaya tropical memiliki pola dan campuran warna yang cerah, maka Anda perlu memastikan supaya ruangan tersebut tetap nyaman ketika dipandang. Maka dari itu, Anda perlu memberikan penghubung dari kesemua aspek pola bergaya tropical menjadi satu kesatuan. Misalnya, ketika Anda memilik iklim tropical hutan sebagai konsep desain ruangan, maka Anda tidak perlu memberikan elemen pantai ke dalam ruangan tersebut. Dengan begitu, ruangan begyaya Tropical ini akan menjadi lebih hidup.

Masukkan Warna yang Sesuai dengan Desain Interior Bergaya Tropical

, sarae.id

Desain interior bergaya tropical banyak memberikan warna serta pola-pola yang berani ke dalam ruangan. Namun bagi Anda yang tidak termasuk peminat yang menyukai efek yang berani ke dalam ruangan, Andapun tetap bisa memasukkan sentuhan gaya tropical yang segar ke dalam ruangan tersebut dengan tetap fokus terhadap permainan warna.

Pemilihan warna yang tepat dapat memberikan nuansa bergaya Tropical ke dalam ruangan. Beberapa warna dasar yang dapat diaplikasikan kedalam gaya Tropical adalah warna kuning, biru, serta hijau. Warna-warna tersebut dapat memberikan kesan semangat dan cerah sesuai dengan iklim tropis.

Dalam memberikan warna-warna tersebut, Anda dapat mencampurnya dengan warna yang lebih redup kedalam furnitur atau aksesoris ruang lain. Meski kaya akan warna, percampuran ini akan membuat ruangan menjadi tidak terlalu mencolok sehingga dapat membuat visual ruangan tersebut menjadi nyaman.

Meletakkan Tanaman Agar Ruangan Menjadi Lebih Hidup

, sarae.id

Sesuai konsep tropis yang banyak memasukkan elemen alam ke dalam ruangannya, maka salah satu caranya adalah dengan menambahkan aksesoris tanaman. Dengan meletakkan tanaman ke dalam ruangan bergaya Tropical, maka Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mendekorasi ulang aksesoris ruangan baik furnitur atau perabot lainnya. Jika Anda termasuk orang yang mencintai hewan, maka tidak ada salahnya untuk menghadirkan hewan seperti burung ke dalam ruangan bergaya Tropical. Sehingga flora dan fauna akan memberikan efek Tropical yang kental ke dalam ruangan tersebut.

Ketika memilih tanaman, Anda dapat mencari corak tanaman dengan warna yang kontras dengan nada cerah. Salah satunya bisa dengan menambah tanaman anthurium. Selain mudah didapat, warna dari tanaman ini cerah dan dapat memberikan efek menambah semangat.

Namun ketika Anda lebih memilih untuk sedikit memainkan warna redup ke dalam ruangan bergaya Tropical,  maka bunga Lily dapat dijadikan salah satu pilihannya. Warna putih dari bunga Lily dapat memberikan efek lembut serta dapat memberikan efek yang lebih netral ketika bercampur dengan warna-warna hijau tropis dari ruangan tersebut.

Ketika Anda akan memberikan nuansa hijau ke dalam ruangan, maka jenis tanaman telapak tangan dapat Anda pilih. Tanaman tersebut akan memberikan kesan Tropical yang menawan.

Perhatikan Setiap Detail Tekstur dari Runganan yang Memiliki Gaya Tropical

, sarae.id

Memberikan tekstur bergaya Tropical dapat menimbulkan kesan mewah ke dalam ruangan. Tidak hanya pola-pola alam bergaya Tropical yang ditempel pada dinding. Tekstur seperti karpet juga dapat Anda berikan untuk mendapatkan nuansa tropis yang maksimal di dalam desain interior. Memberikan aksesoris seperti karpet ini akan memberikan suasana ruang yang terang dan cerah.

Selain karpet, Anda juga dapat memberikan tekstur lain seperti anyaman. Maka dari itulah Anda bisa memilih perabot  dengan tekstur anyaman seperti keranjang anyaman, piring anyaman atau perabot lainnya. Anyaman dari buatan tangan ini akan memberikan ruangan Anda menjadi terasa nyaman. Semakin Anda menambahkan tektur alami ke dalam ruangan, maka semakin kuat juga konsep ruangan bergaya Tropical yang akan didapat.

Desain Tropical yang Tepat merupakan Kunci dari Sebuah Karya Seni

, sarae.id

Bagi Anda yang memiliki pribadi tenang dan menginginkan desain ruang dengan gaya Tropical namun tidak ingin terlalu mencolok, maka Anda tetap bisa menggunakan tema Tropis. Anda dapat memberikan pola-pola tropis kecil seperti pola nanas untuk memberi kesan cerah pada dinding. Selain itu, Anda dapat memberi pola dengan tema yang sama antara dinding, lukisan, serta elemen ruang lainnya, sehingga meskipun ruangan tidak penuh dengan pola tropis namun nuansa iklim tropis di ruang tersebut dapat terasa dari kesatuan tema ruangannya.

Furnitur Kayu Akan Membuat Ruangan dengan Gaya Tropical menjadi tampak Menawan

, sarae.id

Furnitur kayu bewarna cokelat gelap akan menonjol ketika dipadukan dengan corak berniansa tropis. Supaya elemen furnitur menjadi lebih alami, Anda bisa menggabungkan elemen kayu tersebut dengan dinding dengan pola daun palem atau kain dengan pola-pola tropis. Rona cahaya yang muncul dari warna kayu akan membuat suasana ruang menjadi indah.

Menerapkan Konsep Monokrom ke dalam Ruangan Bergaya Tropis, Tentu Bisa!

, sarae.id

Jika warna-warna cerah tidak terlalu menarik bagi Anda yang menyukai desain monokrom, apakah bisa menerapkannya ke dalam ruangan bergaya Tropical? Meski gaya Tropical identik dengan percampuran warna-warna tropis yang cerah, Anda juga bisa menerapkan warna atau konsep monokrom ke dalam ruangan yang memiliki gaya Tropical. Anda bisa membuat inovasi desain interior bergaya Tropical tanpa memberikan nuansa hijau, biru, atau kuning yang kuat akan warna-warna iklim tropis.

Jika Anda telah memahami ap aitu elemen-elemen penting dari gaya Tropical, maka selain warna Anda juga dapat memberikan pola-pola tropis ke dalam ruangan. Sehingga Anda akan mendapat konsep tropis yang indah dalam warna abu-abu, hitam, serta putih sehingga akan memberikan nuansa Tropical yang lebih lembut. Lantai kayu serta furnitur kayu bewarna abu-abu merupakan salah satu yang memiliki peminat yang banyak di kalangan pecinta gaya Tropical.

Pilih Aksesoris yang Tepat untuk Ruangan yang memiliki Gaya Tropical

, sarae.id

Sebuah ruangan akan terasa lebih hidup ketika dilengkapi dengan berbagai aksesoris ruangan yang menakjubkan. Oleh karena itu Anda dapat menempatkan aksoris ruang seperti furniture, lukisan, jam dinding, serta aksesoris lainnya.

Untuk melengkapi aksesoris dengan gaya Tropical ke dalam ruangan, Anda dapat memberikan beberapa ornamen buah seperti nanas dengan warna kuning emas atau lampu dengan konsep burung flamingo untuk menambahkan nuansa ringan serta menyenangkan pada ruangan yang memiliki gaya Tropical. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan beberapa elemen alam seperti mangkuk dengan bahan daun atau pot-pot tanaman otentik asli dari buatan tangan manusia. Dengan menambahkan aksesoris tersebut akan membuat ruangan bergaya Tropical menjadi lebih menarik.

Kuatkan Konsep Alam ke dalam Ruangan dengan Gaya Tropical

, sarae.id

Perlu Anda ingat bahwa alam merupakan poin utama ketika akan mendesain ruangan dengan gaya Tropical. Ketika Anda dapat memasukkan konsep alam maka nuansa ruang dengan gaya Tropical akan terasa semakin hidup. Maka dari itu, Anda perlu mencari produk-produk alami serta produk yang terbuat dari alam.

Konsep gaya Tropical ini dapat Anda terapkan ke berbagai ruangan dalam hunian Anda. Baik itu ruang tamu, ruang tidur, kamar mandi, atau ruang lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis