Blockboard Vs Multipleks: Kelebihan dan Kekurangan

Blockboard Vs Multipleks, sarae.id

Rumah dengan tampilan furnitur yang menarik bukan menjadi satu-satunya faktor yang perlu kamu perhatikan. Ada hal yang lebih penting lagi, yaitu kualitas material dari furnitur yang kamu miliki. Banyak jenis kayu yang bisa menjadi bahan furnitur, contohnya blockboard dan multipleks (plywood) yang populer saat ini. Blockboard vs multipleks–mana yang lebih baik?

Sekilas blockboard dan multipleks memang terlihat sama, namun sebenarnya kedua jenis kayu ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu mungkin masih bingung ketika harus memilih satu dari dua bahan ini. Karenanya, ini dia kelebihan dan kekurangan blockboard vs multipleks yang perlu kamu ketahui!

1. Blockboard Vs Multipleks – Material

Blockboard Vs Multipleks, sarae.id

Blockboard tersusun dari potongan balok atau kayu (biasanya jenis kayu lunak) yang direkatkan menggunakan mesin dan diberi pelapis. Pelapis blockboard berupa veneer kayu yang membuat tampilan terlihat halus dan mengilap.

Pada bagian tengah blockboard terdapat lapisan multipleks setebal 20-30 mm. Hasil akhirnya berupa papan kayu. Terdapat jenis blockboard, seperti blockboard melamin, blockboard melamin 2 muka, dan blockboard 15mm.

Multipleks terdiri dari lembaran kayu asli dengan ketebalan sekitar 1-4 mm yang direkatkan dengan tekanan tinggi. Lapisan kayu ditumpuk dengan partikel-partikel kayu dengan menggunakan lem untuk ketahanan yang lebih kuat.

Meskipun blockboard tidak sesolid multipleks dan kayu asli, blockboard memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk dipindahkan dan lebih praktis. Namun jika dibandingkan, multipleks memiliki ketahanan yang lebih kuat karena bobotnya yang lebih berat.

2. Blockboard Vs Multipleks – Kegunaan

Blockboard Vs Multipleks, sarae.id

Blockboard biasanya digunakan untuk furnitur yang memerlukan papan kayu yang panjang. Hal ini dikarenakan blockboard lebih kaku dan tidak mudah bengkok, sehingga blockboard umumnya digunakan untuk rak buku, meja, bangku, panel dinding, ataupun tempat tidur.

Selain itu, lapisan veneer pada blockboard yang dapat menampilkan kesan elegan cocok diaplikasikan untuk furnitur interior yang ingin terlihat mewah.

Sedangkan untuk multiplek, ketahanannya terhadap air dan kelembaban membuat jenis ini sering digunakan untuk kamar mandi dan dapur. Terlebih lagi tampilan tekstur kayu pada multipleks mendukung konsep natural, sehingga cocok untuk kamu yang menyukai gaya seperti Japandi.

3. Blockboard Vs Multipleks – Karakteristik

Blockboard Vs Multipleks, sarae.id

Blockboard rentan terhadap kerusakan air dan kelembapan. Sifatnya yang kaku dan berat juga membuat proses pemuaian dapat dihindari dan tahan terhadap guncangan.

Kekurangan blockboard adalah jenis ini mudah lapuk dan terkelupas.

Selain tahan air, multiplek lebih kuat. Multiplek memiliki peluang kecil untuk dimakan rayap karena penggunaan lem saat prosesnya.

Tapi, multiplek memiliki kekurangan yaitu mudah memuai dan cepat menyerap noda. Karenanya, multiplek tidak disarankan untuk digunakan dalam ukuran panjang karena mudah melengkung. Jika multiplek terkena noda, segera bersihkan agar tidak menyerap.

4. Blockboard Vs Multipleks – Perawatan

Blockboard Vs Multipleks, sarae.id

Baik blockboard maupun multipleks tidak memerlukan perawatan yang mahal, namun blockboard membutuhkan perawatan yang lebih.

Usahakan furnitur yang terbuat dari blockboard tidak tergenangi air. Kain kering direkomendasikan untuk membersihkan blockboard.

Sedangkan untuk multiplek, kain basah lebih drekomendasikan untuk membersihkan furnitur berbahan multiplek. Kain microfiber bisa jadi pilihan yang tepat.

5. Blockboard Vs Multipleks – Harga

Blockboard Vs Multipleks, sarae.id

Blockboard dan multiplek sama-sama memiliki harga yang terjangkau dan tidak terlalu jauh, namun blockboard lebih murah jika dibandingkan dengan multipleks.

Bagaimana pun juga, multipleks dan blockboard memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan jauh lebih baik jika kamu mempertimbangkan penggunaan bahan tersebut berdasarkan kebutuhan, penggunaan, dan kondisi tempat.

Pemilihan bahan ini memang tricky, itu mengapa konsultasi dengan konsultan profesional lebih disarakan. Kamu tidak perlu khawatir, konsultan kami yang berpengalaman akan membantu memilihkan bahan yang terbaik jika kamu custom interior di Sarae!

Jadi, apakah Sobat Sarae sudah mengatahui bahan mana yang cocok untuk furnitur di rumah kamu?

Di Sarae, kamu bisa custom berbagai interior impian. Selain itu juga, Sarae jual furnitur berkualitas! Kunjungi home page kami untuk penjelasan lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis