Bingung Karena Tidak Pengalaman ? Ini Tips Memilih Tipe Lantai Hunian

Lantai Hunian, sarae.id

Sobat Saraé, banyak tipe flooring yang kamu bisa pasang di rumah hunian kamu. Banyaknya jenis tersebut membuat kamu bisa berkreasi untuk memilih tipe flooring mana yang sesuai. Bagi kamu yang masih kebingungan, silahkan simak sampai akhir Tips memilih tipe flooring di bawah ini.

Perlu kamu ingat, flooring adalah istilah bahasa Inggrisnya dari lantai. Hal yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan material, tipe dan motif harus disesuaikan dengan  luas, fungsi dan desain interior setiap ruangannya. Jangan sampai di skip yah biar kamu mengetahui dengan jelas tentang tips memilih tipe flooring di bawah ini.

A.     Lantai Hunian type Vinyl

Lantai Hunian, sarae.id
Pinterest.com

Perwatan lantai yang tidak terlalu rumit bagi rumah kamu yang direkomendasikan adalah dengan type vinyl, hal ini tentunya bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu. Polyvinyl chloride (PVC) adalah bahan asal dari lantai tipe vinyl ini motif yang beragam dan tekstur halus.

Tipe tersebut dinilai memiliki daya tahan dalam waktu yang lama. Lantai vinyl sangat cocok dan akan terlihat bagus ketika ditempatkan di ruangan mana saja. Dan itu yang menjadi salah satu hal yang unik dari tipe vinyl.

Hal yang harus kamu ketahui tentang lantai vinyl ini adalah adanya unsur kimia yang diprediksi bisa mempengaruhi  sirkulasi kualitas udara dalam ruangan rumah kamu.

B.     Lantai Ubin

Lantai Hunian, sarae.id
Freepik.com

Jenis lantai yang umum dan sering digunakan adalah dengan tipe porselen dan keramik. Kedua tipe tersebut memiliki kegunaan dan kelebihan yang berbeda.

Kamar mandi idealnya memakai ubin kramik, hal itu disebabkan keramik tidak banyak menyerap air. Tetapi pilihlah keramik dengan tekstur yang kasar agar kamar mandi kamu tidak licin. Banyak kegunaan dari keramik, misalnya dipakai untuk lantai pada interior rumah ataupun dijadikan dinding kamar mandi.

Selain itu untuk ubin porselen sendiri pada umumnya memiliki kualitas lebih tahan air, lebih padat, dan lebih tahan lama. Dengan demikian tipe porselen ini cocok sekali jika diterapkan pada bagian dapur, lorong rumah, atau wilayah rumah yang sering banyak digunakan kegiatan pejalan kaki.

C.      Lantai Laminasi

Jika kamu mencari lantai yang serbaguna untuk diterapkan pada rumah, jawaban yang tepat adalah lantai laminasi. Hal itu dikarenakan lantai laminasi memiliki tipe serbaguna. Tipe lantai ini mempunyai desain yang sangat variatif dengan permukaan yang halus.

Lantai laminasi ini dikolaborasikan dengan balutan pelindung ekstra anti noda dan pelindung dari udara yang melembab di bawah lantai tersebut. Dengan demikian lantai dengan tipe ini bisa digunakan juga di kamar mandi.

Bagi kamu yang akan melakukan perawatan pada lantai ini adalah dengan jangan membiarkannya dalam keadaan yang sangat basah dan tidak menyimpanperabot yang terlalu berat di sebelah atasnya.

D.     Lantai Karpet

Tipe lantai karpet adalah pilihan terbaik jika kamu mencari lantai dengan tekstur yang lembut dan bikin hangat. Bagi kamu yang memiliki ank kecil lantai ini juga sangat cocok utuk kamu gunakan. Sebab, lantai ini bisa membuat anak kecil yang ada di rumah kamu bisa terhindar dari cedera ketika bermain.

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh lantai dengan tipe ini, misalnya rumah kamu akan terlihat indah dan juga mewah. Adeapun manfaat yang bisa didapatkan adalah penghematan energi, isolasi suara, serta kenyamanan saat diinjak.

Memang tipe karpet satu ini sangat rentan menjadi sarang kotoran dan debu. Hal itu akan mengakibatkan harus dibersihkan secara terus menerus supaya tetap terjamin dan terjaga kenyamanan dan kebersihannya.

E.     Lantai Kayu

Tipe lantai berbahan dasar kayu sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari lantai untuk kamar tidur. Bervariasi tipe kayu untuk dijadikan lantai, sehingga banyak yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan kenyamanan.

Ketebalan, tekstur, dan warna bisa juga kamu sesuaikan dengan interior rumah yang kamu huni. Keidealan pemakaian lantai kayu cocok juga digunakan pada lorong rumah, ruang tamu, dan juga dapur.

Hal di atas disebabkan lantai kayu memiliki ketebalan  sehingga tahan terhadap goresan dan juga tahan terhadap perubahan cuaca ataupun suhu. Perlu kamu ingat, supaya menempelkan pelapis kayu agar lantai kayu kamu bisa tahan lama.

F.      Lantai Marmer

Bagi kamu yang ingin membuat lantai hunian rumah kamu terkesan elegan, mewah modern idealnya memakai lantai tipe marmer. Motif dan warna beragam adalah ciri khas dari lantai dengan tipe marmer ini. Selain itu lantai tipe marmer memiliki pola yang saling menghubungkan atau menyambung.

Bukan hanya dipakai untuk lantai, tipe marmer bisa dipakai untuk intrior rumah yang kamu huni. Namun yang harus kamu ingat adalah untuk tidak menggunakan lantai dengan tipe marmer di wilayah luar ruangan.

Hal itu disebabkan marmerakan mudah berjamur dan memudar jika trsorot sinar matahari. Memang harga yang dibandrol untuk tipe marmer relatif mahal dan dalam menasangnya juga harus menggunakan ahli supaya tidak mudah retak dan rusak.

G.     Lantai Granit

Penggunaan lantai yang akan memberikan kesan kemewahan adalah dengan menggunakan lantai dengan tipe granit. Tekstur yang dimiliki oleh lantai granit lebih padat, hal denikian mengakibatkan sangat cocok dipakai di bagian rumah yang sering terkena air.

Dalam perawatannya juga lantai granit mudah untuk dibersihkan, sehingga tidak akan membuang waktu yang lama.

H.     Lantai Bambu

Lantai dengan tipe bambu ini bukan berarti lantai yang terbuat dari bahan bambu yang telah disusun sedemikian rupa memakai tali. Bambu yang kerap tampil di hunian rumah modern adalah bambu yang sudah dipadatkan. Bambu yang dibentuk seperti potongan lantai menggunakan teknik pres.

Dalam menjaga ketahan dan kekuatannya, material bambu tersebut dipanaskan dalam campuran air dan zan khusus untuk menjaga kekuatannya.

Ada banyak macam-macam lantai tipe bambuy, misalnya lantai bambu cetakan. Lantai ini seperti halnya lantai bambu di atas menggunakan teknik cetakan dan masih memanfaatkan material asli. Namun dalam proses percetakannya, pengolahan tersebut akan membuat bambu terlumat menjadi bubur kayu.

Kemudian bambu yang sudah terlumat dikolaborasikan dengajn perekat yang melalui cetakan sehingga menjadi potongan.

Ada juga lantai bambu buatan. Adapun lantai dengan tipe ini dibuat dengan mencampurkan beragam material seperti arkrilik, tripleks, pohon cemara, dan masih banyak lagi bahan yang lainnya. Semua bahan tersebut digabungkan menjadi satu, kemudian ditambah lem dan terakhir di cetak.

Memang permukaannya akan terlihat seperti layaknya bambu, meskipun keasliannya tidak demikian. Dan sudah tentu dari segi ketahanannya sendiri akan jauh sekali perbedaannya dari lantai tipe bambu yang sudah disebutkan di atas.

Itulah tips memilih tipe flooring, jenis-jenis bambu tersebut harus ikut kamu pertimbangkan selain dari keramik biasanya. jangan khawatir apabila kamu kebingungan memilih type flooring untuk hunian rumah, kamu bisa langsung menghubungi customer service sarae.id agar dapat solusinya secara GRATIS.  Semoga ulasan di atas bisa membuat kamu puas agar bisa menentukan pilihan yang benar dan tepat. Sekian semoga bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis