Berbagai Tipe Wall Panel agar Tampilan Dinding Tidak Membosankan

, sarae.id

Beberapa dari kita pasti sudah familiar dengan dinding dengan corak 3D ataupun tekstur timbul yang menarik di restoran, kafe ataupun mall. Wall panel memang populer diterapkan pada bangunan publik yang membutuhkan nilai estetika untuk menarik pengunjungnya. Namun, semakin banyak pula rumah tinggal yang menggunakan wall panel dalam desainnya. Wall panel atau panel dinding adalah lapisan terluar dinding interior ataupun eksterior bangunan. Terkadang kita bosan dengan tampilan dinding yang rata dengan lapis akhir cat ataupun wallpaper. Panel dinding ini dapat dijadikan solusi untuk mempercantik ruangan anda dan tentunya memberi nilai plus tersendiri bagi properti anda. Berikut adalah beberapa fungsi wall panel selain dari segi estetikanya. Panel dinding ini bersifat modular karena itu mudah untuk memperbaikinya jika terjadi kerusakan di satu bagian. (partial)

Menutupi Kerusakan Dinding

, sarae.id
soucer: inhabitliving.com

Karena panel dinding merupakan lapisan terluar terpisah dari dinding struktur, penggunaan panel ini dapat menjadi solusi untuk menutupi kerusakan pada dinding seperti retak rambut, cat mengelupas atau memudar, coretan dinding yang mungkin ada apabila anda memiliki anak kecil dirumah, dan lainnya. Dapat juga digunakan untuk menutupi wallpaper lama didalam ruangan untuk memberikan warna baru desain interior.

Insulation & Soundproofing

, sarae.id

Selain menambah nilai estetika, fungsi menutupi kerusakan, wall panel juga dapat berperan sebagai tambahan insulasi sebuah interior. Insulasi yang dimaksud selain sebagai kontrol panas dan dingin ruangan, menjaga suhu ideal didalam ruangan, juga sebagai lapisan akustik ruang agar suara tidak bocor secara dua arah (dari dalam dan luar) Fungsi ini ideal bagi ruangan seperti kamar hotel, studio musik, kelas atau auditorium bahkan sekedar untuk meningkatkan privasi ruangan tertentu didalam rumah anda. Wall panel dengan fungsi tambahan akustik ini biasanya memiliki lapisan berbagai material kedap suara seperti gabus, mineral wool dan lainnya.

Menjadi Sekat Antar Ruangan

, sarae.id
source: behance-net

Panel dinding dapat dipasang pada satu bagian dinding struktur jika difungsikan sebagai material finishing. Dinding struktur yang dimaksud adalah misalnya, dinding bata, batako dan lainnya. Artinya Dinding yang memiliki 1 muka. Wall panel berubah fungsi menjadi sekat ruangan apabila memiliki dua muka, atau freestanding. Proses pemasangannya biasanya menggunakan rangka yang ditutupi dua muka nya dengan si panel dinding ini. Ruang kosong rangka dapat digunakan sebagai outlet listrik. Panel dinding partisi dapat pula menjadi vocal point dari sebuah desain interior dengan eksplorasi lampu dan permainan cahaya seperti pada contoh gambar. Panel dinding partisi ideal diterapkan dalam ruangan yang kecil atau sempit. Partisi yang tebal dan solid umumnya akan membuat ruangan terasa lebih sempit, pada kondisi demikian wall panel partition adalah solusi pemisah ruangan untuk mendefinisikan area tertentu tanpa terlu mengurangi ukuran ruangan.

Tipe-Tipe Panel Dinding

Decorative Wall Panel

, sarae.id
source: thriftydecorchick

Panel dinding dengan fungsi estetika dan dekorasi ruangan yang terbuat dari berbagai macam material mulai dari kayu, stainless steel, laminate, plastik dan lainnya. Panel ini idealnya digunakan sebagai lapisan satu muka dinding, vocal point desain interior, statement seni pada interior dengan beberapa instalasi lampu spotlight menyorot tekstur tersebut. Panel dekoratif biasanya dipasang full setinggi ruangan atau bisa juga hanya dinding bagian bawah untuk melindungi dari kerusakan dan gesekan.

Tileboard

, sarae.id
Source: Zoom Wall Panel from Etsy.com

Panel yang terdiri dari tile dan dipasang secara modular yang biasanya terbuat dari melamine atau resin dengan tujuan mencapai tampilan yang mirip dengan tile keramik atau batu. Sangat menyerupai tile namun tanpa nat disekelilingnya karena itu lebih mudah pemasangan dan dibersihkan. Wall panel tile biasanya di pasang dengan backing rangka wafel dari kayu atau besi solid. Karena bersifat modular dan disusun menyerupai tile keramik, wall panel ini biasanya berukuran kecil dan sama sisi. Komposisi nya juga dapat dieksplorasi untuk menghasilkan perpaduan yang lebih dinamis dan menarik. Wall panel menyerupai keramik dipilih karena keramik atau tile porcelain kebanyakan lebih mahal harganya. Wall panel tileboard dapat menjadi alternatif harga yang lebih terjangkau. Selain dipasang pada rangka, banyak juga pilihan untuk memasang wall panel pada dinding bata atau hebel yang sudah diaci atau diratakan dengan semen.

Panel Dinding Utilitas dan Akustik

, sarae.id
source: http://www.annekyyroquinn.com/

Tipe panel dinding yang dipasang dengan tujuan utama memenuhi fungsi keberlangsungan ruangan itu sendiri. Panel dinding yang biasanya terbuat dari material insulasi atau soundproof pada muka terluarnya dan memiliki ruang rangka dalam yang berfungsi untuk meletakan utilitas seperti listrik, pipa air, kabel internet dll. Panel dinding ini juga banyak yang hadir dengan fitur dimana anda dapat memaku atau menggantung sesuatu diatasnya. Contoh – contoh wall panel ini misalnya pada interior bioskop, auditorium, studio musik, ruang meeting dalam kantor dan lain-lain.

Struktural

, sarae.id
source: rover ebay.com

Tipe panel dinding yang dapat menggantikan dinding interior itu sendiri, sebagai partisi ruang. Memiliki dua muka depan dan belakang dengan finishing dan desain serupa. Hampir sama dengan panel dinding utilitas namun dapat berdiri sendiri tanpa dinding struktur utama. Panel dinding struktural juga memiliki durabilitas tinggi, pun ideal sebagai material dinding eskterior karena tahan terhadap panas matahari dan air hujan. Panel dinding struktural biasanya terbuat dari material yang cocok juga untuk eksterior seperti baja, metal, stainless steel, dan kaca yang cukup tebal.

Setelah menelusuri beberapa fungsi dan kelebihan wall panel, apakah anda sudah dapat menjatuhkan pilihan anda pada wall panel yang sesuai dengan selera dan tujuan anda? Panel dinding pun dapat menjadi representasi gaya interior dirumah anda. Misalnya jika interior anda bergaya scandinavia atau industrial anda dapat memilih panel dinding dengan material kayu, laminate atau PVC tesktur kayu untuk mendukung kesan hangat dan palet warna interior anda. Atau jika anda penggemar gaya shabby chic, pilihlah panel dinding warna pastel dan dominan warna general putih. Perkembangan teknologi panel dinding juga semakin maju dengan pilihan material yang eco-friendly atau ramah lingkungan. Panel dinding dengan material komposit hasil daur ulang, panel dinding dari bambu yang adalah tanaman berkelanjutan, juga panel dinding hasil upcycle dari sisa bahan interior. Anda dapat mengeksplor kreatifitas anda dalam menentukan dan memilih panel dinding yang sesuai dengan preferensi, budget juga seberapa jauh teknologi yang ingin anda terapkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis