7 Tips Desain Interior Rumah Minimalis Hemat Budget

desain interior rumah minimalis, sarae.id

Memiliki hunian yang nyaman adalah impian kebanyakan orang. Namun beberapa masih beranggapan jika membuat rumah nyaman memerlukan biaya yang berlebih. Padahal, kamu bisa memilih desain interior rumah minimalis agar hemat budget.

Konsep minimalis memiliki esensi “Less is more” yang berarti jumlah yang sedikit namun memiliki makna yang dalam, baik itu dari segi estetika maupun fungsi. Karenanya, konsep minimalis cocok untuk kamu yang ingin memiliki rumah nyaman dengan budget minim.

Agar kamu bisa menerapkan konsep minimalis pada hunian kamu dan merasa nyaman, ini dia 7 tips desain interior rumah minimalis hemat budget!

1. Palet Warna Netral

Konsep minimalis memberikan kesan yang ramah dan bersih. Warna netral mendominasi dinding rumah dengan konsep minimalis. Beberapa warna dengan palet yang kuat menjadi aksen di beberapa bagian

Kamu bisa memilih warna abu atau putih sebagai warna utama dan warna hitam sebagai pendukung aksen pada bagian furnitur. Konsep minimalis tidak memerlukan banyak warna sehingga dengan warna yang sederhana, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk cat dinding. Palet warna yang sederhana dan lembut akan menampilkan ruang yang luas, cerah, dan elegan.

2. Gaya Geometris

Konsep minimalis menampilkan kesedehanaan. Untuk mendukung hal tersebut, kamu bisa memilih dekorasi dengan desain sederhana dan menerapkan konsep geometris. Desain sederhana dan geometris ini bisa mendukung konsep minimalis di rumah lebih terlihat.

Selain itu, terapkan tema geometris ini pada barang-barang di rumah. Contohnya pilih karpet dengan motif geometris, cermin tanpa ukiran pada bagian tepinya, ataupun figura tanpa detail yang berlebih.

3. Desain Interior Rumah Minimalis dengan Layout Sederhana

desain interior rumah minimalis, sarae.id

Konsep minimalis fokus pada kemudahan dan fungsi. Termasuk juga dengan layout rumah. Meski ruang terbatas, desain rumah interior kecil dapat tmenjadi nyaman ketika kamu membiarkan open-space di beberapa bagian rumah.

Contohnya untuk bagian dapur, kamu bisa memilih bentuk ruangan L atau I agar dapat menampilkan kesan terbuka dan luas.

4. Furnitur Fungsional

Selain dari desain yang minimalis, kamu juga perlu mempertimbangkan fungsi dari setiap furnitur yang kamu miliki. Desain interior rumah minimalis adalah tentang merasa nyaman di rumah, bukan hanya desain yang dapat memanjakan mata. Oleh karena itu, pastikan furnitur fungsional agar rumah menjadi lebih space-saving.

Kamu bisa memilih furnitur dengan fungsi ganda, misalnya divan dengan tempat penyimpanan. Kamu juga bisa memilih bangku atau tangga dengan rak lemari di bawahnya. Yang terpenting adalah segalanya memiliki fungsi maksimal dan tidak hanya memenuhi tempat saja.

5. Minim Dekorasi

Desain interior rumah minimalis berarti sederhana dan bersih, semua dalam satu garis yang bersatu padu. Terlalu banyak dekorasi akan membuat ruangan tidak memiliki poin yang jelas. Karenanya, konsep minimalis tidak memerlukan dekorasi yang berlebihan.

Kunci desan interior rumah minimalis adalah ruang yang bersih, tersusun rapi, dan tidak memiliki banyak aksesoris dan warna yang tidak dapat menyatu dengan baik. Konsep “less is more” perlu diterapkan pada bagian ini. Tidak perlu khawatir ruangan menjadi monoton, karena kamu bisa mengkreasikannya pada bagian rumah yang lain.

desain interior rumah minimalis, sarae.id

6. Pencahayaan

Desain konsep minimalis harus sederhana dan jelas, tapi tidak membosankan. Itu kenapa penataan cahaya di rumah minimalis sangat penting.

Akan jauh lebih baik jika kamu memanfaatkan pencahayaan alami dengan menggunakan jendela besar. Kamu juga bisa memasang kampu gantung dengan warna hangat untuk pencahayaan buatan.

7. Kombinasi Tekstur dan Warna

Selain dengan penataan cahaya yang baik, kamu bisa memainkan tekstur pada furnitur dan warna pada dinding dan furnitur untuk membuat ruangan lebih hidup. Pilih sofa dengan tekstur dan detail yang seirama dengan ruangan secara keseluruhan. Permainan tekstur juga bisa diaplikasikan pada karpet.

Perpaduan warna dinding dengan furnitur dapat membuat ruangan lebih terasa ramah. Jika kamu ingin menggunakan pola, pilih pola yang tidak mencolok. Artinya, kamu bisa memilih pola geometris sederhana untuk beberapa bagian furnitur.

Itu dia 7 tips desain interior rumah minimalis hemat budget! Dengan menerapkan tips ini, semoga Sobat Sarae bisa mewujudkan rumah kecil impian yang nyaman dengan budget minim ya.

Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan konsultan profesional untuk menciptakan desain interior rumah minimalis hemat budget. Sebagai penyedia jasa desain interior di Bandung yang telah berpengalaman, Sarae siap membantumu menciptakan hunian nyaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis