8 Tips Timeless Design Interior

, sarae.id

“There are two things that make a room timeless: a sense of history and a piece of the future” Sebuah kutipan dari Charlotte Moss seorang senior interior desainer dari Amerika Serikat. Timeless design adalah desain interior yang tidak lekang oleh waktu. Tidak ketinggalan jaman dan akan selalu terlihat estetik dan elegan. Desain yang tak lekang waktu merupakan kombinasi antara elemen interior klasik dan sentuhan modern masa kini juga masa depan. Desain seperti ini akan terus berdiri dan nampak indah tanpa perlu dekorasi ulang dalam waktu yang lama dan panjang. Desain timeless biasanya akan dapat memenuhi berbagai macam selera desain baik modern, klasik atau transisional ataupun eklektik. Disinilah letak kelebihan desain interior yang timeless.

Sebelum memulai melakukan renovasi atau mendekorasi kamar atau ruangan lain dalam rumah anda dengan desain seperti ini, mari kita melihat beberapa tips yang dapat diperhatikan dalam mewujudkan desain yang timeless dalam interior hunian anda.

1. Perhatikan Proporsi Ruang dan Perabot

, sarae.id

Desain interior yang timeless sangat menaruh perhatian pada proporsi perabot terhadap ruangan, proporsi lukisan pada dinding, ration pintu dan jendela, dan lainnya. Pelajari terlebih dahulu mengenai proporsi dan dimensi interior yang nyaman dan ideal sesuai fungsi elemen interior tersebut. Misalnya simetri pada ruang, atau jika kita menyukai tampilan yang lebih asimetri, tetaplah berpatokan pada fibonacci rule yang walau organik tapi tetap memiliki rima dan aturan. Proporsi dengan pengturan dasar yang baik akan menciptkan keseimbangan pada desain keseluruhan. Tidak akan ada perabot yang terlalu besar atau lukisan yang terlihat tidak harmonis terhadap ruang dan permasalahan lainnya.

2. Hindari Mengikuti Tren

Sebuah tren akan mudah berlalu dalam waktu tertentu dan saat tren berlalu desain yang menjiplak penuh tren akan langsung terlihat ketinggalan jaman atau kuno. Ini adalah hal yang ingin dihindari dalam mendesain interior yang timeless. Tren yang dimaksud misalnya merubah warna cat dinding dengan warna yang menjadi tren tahun ini, atau aksesories dan bahkan tanaman yang sedang tren. Dibanding menggunakan aksesories terarium dengan frame warna emas yang sedang tren atau tanamn pot monstera, pilihlah elemen dekoratif yang benar-benar anda sukai dan menunjukan ciri khas anda. Desain timeless juga berkaitan erat dengan selera desain penghuninya bukan hanya sekedar tren yang berlaku saat ini.

3. Skema Warna Natural

, sarae.id

Palet warna natural pada ruang seperti warna putih, abu-abu, beige atau coklat yang sangat muda adalah pilihan ideal untuk gaya timeless. Warna natural bukan artinya pucat atau membuat penghuninya tidak dapat menonjokan sentuhan personal sesuai karakter mereka. Gunakan warna lain yang lebih mencolok atau tua sebagai aksen seperti misalnya pada bantal pada sofa, aksesoris di meja ataupun aksen karya seni yang menggantung di dinding. Anda dapat berkreasi menggunakan warna kesukaan anda sebagai aksen dekoratif dalam ruangan. Mengapa warna natural dgunakan dan dianggap sebagai warna yang tidak lekang oleh waktu? karena sejarah membuktikan ditinggalkannya gaya interior yang menggunakan warna mencolok ataupun warna-warni lain. Seperti misalnya gaya interior De Stijl yang menggunakan 3 warna primer utama, hijau biru dan kuning yang selalu menjadi ciri khas desainnya. Gaya ini mulai ditinggalkan dan dianggap tidak mampu berkembang mengikuti perubahan jaman. Atau tren warna pastel pada tahun 80an dan sebagainya. Warna palet natural tidak pernah lekang oleh waktu seperti tren warna lainnya.

4. Elemen Interior Klasik

, sarae.id

Telah kita ketahui gaya klasik adalah gaya yang bertahan mengikuti dan mengalami penyesuaian seiring dengan berjalannya waktu. Menggunakan elemen intreior klasik seperti perabot dan cornice pada dinding ataupun kusen jendela yang membuat desain terlihat elegan. Klasik memiliki proporsi dan aturan yang ideal dalam desainnya. Penggunaan fabric yang memiliki ciri khas klasik pada tekstur dan polanya, seperti misalnya kain velvet, corduroy dengan warna cerah seperti beige atau cream juga dapat menjadi pilihan ideal. Pola dan ciri khas klasik yang digunakan tentunya yang tidak terlalu tradisional.

5. Material yang Berkualitas

, sarae.id

Kualitas dan daya tahan material yang kita gunakan tentunya menjadi faktor krusial apakah desain kita dapat menjadi tidak lekang oleh waktu baik dari segi estetika maupun fungsional. Melakukan investasi terhadap kualitas material yang baik walau agak sedikit lebih mahal ternyata lebih menghemat uang dan tenaga dibandingkan anda mengeluarkan biaya untuk mengganti material dinding, kain sofa, reparasi meja atau rak buku dan lainnya. Terutama untuk perabot utama seperti meja, kursi dan sofa yang diharapkan akan bertahan untuk waktu yang lama tentu penting memilih kualitas material yang tahan lama. Kayu yang baik untuk kusen dan pintu juga elemen yang krusial.

6. Desain Bersih tanpa Ornamen Ramai

, sarae.id

Hindari menggunakan elemen ornamental yang terlalu ramai dan padat. Tetap pertahankan desain dengan garis yang bersih. Desain yang timeless memiliki keseimbangan antara mengisi dan menyisakan ruang untuk ‘bernafas’. Pilihlah furnishing atau fitting ruangan yang tidak terlalu rumit dan tegas agar tetap seimbang dengan perabot dan dekorasi lain. Biarkan beberapa area dinding polos tanpa dekorasi untuk menyeimbangkan dekorasi yang lebih krusial lainnya.

7. Sentuhan Dekorasi Modern

, sarae.id

Jika perabot atau treatment ruangan kita didominasi dengan elemen yang klasik, dari bentuk, pola, tekstur dan warna, sentuhan elemen seni dan dekoratif lainnya yang lebih modern akan menyeimbangkan elemen klasik pada ruangan. Seperti definisi dari gaya timeless di awal artikel tadi yang merupakan gaya merupakan kombinasi sejarah dan elemen dari masa depan.

8. Penggunaan Timeless Furniture

, sarae.id

Selain gaya interior, terdapat pula model-model perabot yang ternama, klasik namun tetap populer digunakan hingga sekarang. Perabot yang dinilai dapat cocok berdiri dengan gaya interior yang berbeda-beda. Beberapa perabot seperti meja dan kursi dengan desain yang tidak lekang oleh waktu misalnya, kursi barcelona, meja parson, kursi eames dan lainnya. Lengkapnya dapat di cek pada link artikel ini

Sekian beberapa tips utama untuk mewujudkan gaya interior timeless. Semoga dapat membantu anda yang menyukai gaya seperti ini dan ingin melakukan make over terhadap ruangan kamar atau ruang keluarga pada rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi Gratis